Temui Anies, Relawan Kesehatan Jatim dan Sumut Apresiasi Pelayanan Kesehatan Jakarta

Kamis, 04 Maret 2021 - 20:53 WIB
loading...
Temui Anies, Relawan Kesehatan Jatim dan Sumut Apresiasi Pelayanan Kesehatan Jakarta
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kolektif Pimpinan Wilayah (KPW) Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Provinsi Jawa Timur dan Sumatera Utara menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/3/2021). Mereka melakukan studi banding, layanan kesehatan di Jakarta diapresiasi.

Sekretaris KPW Rekan Indonesia Jawa Timur M Ilyas Dwi H mengatakan, anggota Rekan Indonesia di berbagai daerah terus berusaha meningkatkan kualitas kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka memajukan layanan kesehatan.

"Teman-teman dari daerah berniat sekali bertemu Pak Anies. Alhamdulillah kami diterima," ujarnya, Kamis (4/3/2021).


Mereka banyak menceritakan kegiatan-kegiatan relawan di daerah dan berharap bisa mencontoh apa yang dilakukan relawan di Jakarta yang selama ini bisa bersinergi dengan pemerintah daerah.

Secara objektif, Pemprov DKI bisa membangun kerja sama yang baik dengan Rekan Indonesia.

Pengurus Rekan Indonesia Sumatera Selatan Efbahitul Cahmi menambahkan kerja sama antara Pemprov DKI dengan Rekan Indonesia yang sudah terjalin selama ini sangat luar biasa. "Makanya kami studi banding untuk meminta jalan kepada Gubernur Anies agar apa yang sudah diterapkan di Jakarta juga bisa diterapkan di daerah lain," katanya.

Anies berharap pengurus Rekan Indonesia wilayah terus bergerak dalam memperjuangkan hak pelayanan kesehatan bagi warga. "Kerelawanan yang sesungguhnya ada dalam Rekan Indonesia. Yang bekerja menebar kebaikan dan memperjuangkan keadilan sosial tanpa pamrih dan mengharapkan imbalan" ujar Anies.


Dia melanjutkan bahwa kerelawanan itu tidak dapat dinilai karena kerelawanan itu tidak bernilai sehingga apa yang dikerjakan relawan adalah pelengkap bagi pemerintah daerah.

"Karena kepala daerah hanya punya program dan hanya dapat melihat ukuran keberhasilan program tersebut dari angka-angka statistik. Sementara, problem riil yang tidak terukur lewat statistik bisa didapatkan dari relawan yang terus bekerja di bawah," ujar mantan Mendikbud ini.

Anies juga berpesan kepada pimpinan wilayah Rekan Indonesia terus menebar kebaikan dan mewujudkan keadilan sosial berkolaborasi dengan pemerintah daerahnya masing-masing.

"Di Jakarta ukuran keberhasilan program di DKI bukan hanya angka-angka statistik tapi akan jauh lebih berhasil jika keberhasilan program di DKI menjadi pembicaraan di rumah warga bersama keluarganya. Setidaknya warga merasa beruntung menjadi warga Jakarta," ungkap Anies.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)