Waspada! 25% Prediabetes Berisiko Alami Diabetes Melitus 3-5 Tahun Mendatang

loading...
Waspada! 25% Prediabetes Berisiko Alami Diabetes Melitus 3-5 Tahun Mendatang
Prediabetes bila tidak diantisipasi bisa memicu diabetes melitus 3 hingga 4 tahun mendatang. Foto/Healthline
JAKARTA - Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Terutama selama masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat semua aktivitas dilakukan dari rumah.

Kondisi tersebut membuat kenaikan berat badan seseorang menjadi meningkat dan tidak terkontrol. Kurangnya aktivitas dan kebiasaan memesan makanan secara online, membuat seseorang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas .

Ketua PERSADIA Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE, mengatakan orang yang obesitas dan memiliki berat badan berlebih, memiliki risiko prediabetes dan diabetes yang sangat tinggi.

Baca Juga : Berkaitan dengan Penyakit yang Mengancam Jiwa, Jangan Remehkan Obesitas

“Dalam jangka waktu 3-5 tahun, 25% prediabetes dapat berkembang menjadi Diabetes Melitus tipe 2 (DMT2), 50% tetap dalam kondisi prediabetes, dan 25% kembali pada kondisi glukosa darah normal,” terang Prof. Mardi,



Tentunya hal ini bisa dihindari dengan kesadaran sejak dini. Selain itu upaya mencegah kelebihan berat badan dan obesitas juga bisa dicegah dengan megonsumsi makanan bergizi seimbang dan membatasi asupan Gula, Garam, dan Lemak (GGL).

Baca Juga : Kolaborasi Berbagai Pihak Dibutuhkan untuk Tangani Hemofilia di Indonesia

“Batasi asupan gula, garam, dan lemak (GGL), istirahat cukup, dan rutin aktivitas fisik 150 menit dalam seminggu dapat membantu mengurangi risiko prediabetes agar tidak berkembang menjadi DMT2,” tuntasnya.

(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top