Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki

Sabtu, 06 Maret 2021 - 17:36 WIB
loading...
Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ada banyak keuntungan berbelanja di pasar tradisional, di antaranya ikut membantu para pedagang lokal hingga banyaknya produk massal tersedia. Di pasar tradisonal atau pasar jalanan juga bisa ditemukan hal-hal unik dan langka yang tidak ditemukan di pasar modern. Berikut daftar pasar jalanan terbesar nan nyaman di berbagai penjuru dunia.

1. Gold Souk dan Spice Souk di Dubai UEA

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Gold Souq dan Spice Souq adalah pasar tradisional di Dubai yang menjual emas dan segala jenis rempah super lengkap. Pasar tradisional ini membentang di kawasan Dubai Lama, Uni Emirat Arab (UEA). Namanya pasar Deira. Pasar ini menawarkan beragam rempah dan emas dari segala jenis dan karat. Saat mengunjunginya, wisatawan akan diajak menyisir dua bagian pasar, yakni Gold Souk dan Spice Souk.Para wisatawan yang ingin berburu emas, dapat menyambangi bagian pasar Gold Souk. Sedangkan rempah dapat dibeli di kawasan Spice Souk. (Baca: Pedagang Pasar Ubud Berharap Wisata Bali Normal Lagi)

2. Kashgar Bazaar Xinjang, China

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Terletak di barat China, dekat dengan perbatasannya dengan Pakistan, ini adalah tempat pertemuan bersejarah bagi penduduk setempat dan tempat peristirahatan bagi para pelancong di sepanjang Jalur Sutra. Waktu yang paling menyenangkan mengunjungi pasar ini adalah hari Minggu pagi.

Pasar dipecah menjadi dua bagian, satu untuk membeli segala sesuatu dari kacang lokal dan buah-buahan kering untuk barang-barang rumah dan souvenir, satu lainnya untuk pembeli lokal yang berjualan hewan ternak, kain, sutra, dan pakaian. Kashgar Market diperkirakan dikunjungi hingga lebih dari 200.000 turis dalam sehari.

3. Queen Victoria Market, Melbourne, Australia

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Pasar terbuka terbesar di belahan bumi selatan ini memiliki luas 7 hektare (ha) dan berada di jantung kota Melbourne. Pasar yang semarak dengan vendor ramah ini menghadirkan suasana multikultural dan berbagai festival dan acara sepanjang tahun.

Pengunjung dapat mengikuti tur makanan, mencicipi produk segar, menemukan bahan-bahan unik, serta mempelajari berbagai teknik berbelanja dan memasak Rabu malam sangat populer di kalangan wisatawan yang menjelajah pasar ini untuk sekadar kedai makanan global, musik live, bar outdoor, hiburan dan belanja khusus.

4. Grand Bazaar di Istanbul, Turki

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Grand Bazaar berdiri di lahan seluas 36.717 meter persegi dengan 60 jalan dan lorong yang menampilkan 4.000 kios. Pasar ini didirikan oleh Sultan Mehmet II pada 1461.Menjadi pasar kuno tertua sedunia, Grand Bazaar menyajikan beragam pernak-pernik dan oleh-oleh khas Turki dengan harga yang cukup terjangkau. (Baca juga: Cerdas dan Bijak Dalam membeli Rumah)

Antar satu blok toko dengan toko lainnya dipisahkan oleh jalan-jalan bak sebuah lorong bawah tanah, yang membedakannya adalah lorong Grand Bazaar penuh dengan nilai seni. Selain kerlap-kerlip cahaya, dinding di Grand Bazaar ini sangat indah dan sarat akan lukisan.

5. Rialto Market Venice, Italia

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Ini adalah jantung dari Venesia, di mana penjual menjual makanan laut segar serta hasil bumi. Buka setiap hari dalam seminggu kecuali hari Minggu. Ini adalah cara terbaik untuk melihat kehidupan sosial kota yang sibuk, terutama pada Sabtu pagi ketika semua orang datang untuk berbelanja bahan makanan mereka.

Pasar Rialto yang terletak berdekatan dengan Jembatan legendaris Rialto merupakan pasar di mana warga lokal Venice memberi barang keperluan sehari-hari terutama makanan. Beragam jenis buah, sayuran, seafood, dan beragam cemilan tersedia melimpah di pasar ini.

6. Marché aux Puces de Paris/Saint-Ouen Paris, Prancis

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Super besar dan mungkin membingungkan bagi pengunjung yang baru pertama kali singgah di Pasar Marche aux Pucesde St-Quen. Pasar ini adalah pasar barang bekas dan barang antik terbesar di dunia, dan salah satu pasar dengan pengunjung terbanyak di Paris.

Pasar ini terbagi menjadi 14 area. Jika ingin mencari barang pecah belah atau mainan, pengunjung bisa mampir di Marché Vernaison. Jika ingin memborong buku, maka Marché Dauphine adalah tempat yang Anda cari.

7. Chandni Chowk Market di Delhi, India

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Terletak di Jalur Kuning Metro Delhi, pasar ini dibangun pada paruh pertama abad ke-17 ketika Kaisar Shah Jahan memutuskan untuk memindahkan ibukotanya dari Agra ke Shahjahanabad, sebuah kota ciptaannya di Delhi lama.

Pasar tradisional ini menjual aneka makanan jalanan, rempah-rempah dan barang-barang murah. Pasar ini menyatukan banyak pedagang, penduduk setempat dan wisatawan , serta menjadikannya salah satu tempat paling ramai di Delhi yang sudah padat. (Baca juga: Penjelajahan Antariksa Terkenal yang Dicatat dengan Tinta Emas)

8. Shuk HaCarmel di Tel-Aviv-Yafa, Israel

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Buka sepanjang hari kecuali hari Sabtu, Pasar Carmel adalah pasar paling terkenal di Israel. Pasar menjajakan berbagai produk mulai dari daging, keju, ikan hingga pakaian. Di antara segudang kios produk segar juga terdapat
sederet kios-kios milik koki, di mana pengunjung dapat memiliki pesta kualitas restoran Mediterania otentik dengan biaya rendah atau mengudap kue tradisional Jachnun Yahudi dengan saus tomat, atau dengan selai stroberi untuk
pilihan gurun.

Setelah puas berbelanja di pasar, pengunjung dapat melanjutkan ke Nachalat Binyamin, sebuah pameran udara terbuka yang dikenal dengan barang-barang buatan tangan atau mengunjungi lingkungan Yahudi kuno di sudut Neve Tzedek.

9. Stanley Market Hong Kong

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Stanley Market adalah pasar jalanan di Stanley di Hong Kong. Jalan itu adalah contoh khas pasar tradisional tua terbuka di Hong Kong dan sejak itu menjadi daya tarik wisata dan terkenal karena barang murahnya. Pasar, Stanley terletak di Stanley Promenade, sebuah destinasi wisata untuk membeli pakaian, seni, dan produk-produk lokal. Juga terdapat berbagai restoran dan kafe serta Pasar Malam di Temple Street. (Baca juga: Penemuan Tak Disengaja yang Mampu Mengubah Dunia)

10. Chatuchak Market di Bangkok, Thailand

Melihat Keunikan Pasar Jalanan di Dunia, yang Tertua Ada di Turki


Sebagai salah satu pasar akhir pekan terbesar di dunia, Pasar Chatuchak memiliki lebih dari 8.000 kios beratap serta udara terbuka yang terbagi menjadi 30 bagian kios-kios. Mulai dari kios pakaian, alas kaki, aksesori, dan peralatan hiking dengan makanan dan minuman.

Banyaknya kios diperkirakan membuat pengunjung setidaknya butuh sehari penuh untuk menjelajahi pasar berbelanja. Pilihan pakaian Chatuchak sangat luar biasa: mulai dari pakaian liburan hingga karya desainer, hingga barang suvenir dengan slogan-slogan unik dan desain nasional. Chatuchak juga disulap menjadi pasar loak di malam hari.

Sumber: www.worldatlas.com
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2509 seconds (0.1#10.140)