Ayat Kursi, Satu Ayat Berjuta Manfaat

Selasa, 09 Maret 2021 - 14:33 WIB
loading...
Ayat Kursi, Satu Ayat Berjuta Manfaat
Ayat kursi yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 255 juz ke-3, memiliki banyak keistimewaan dan termasuk ke dalam firman Allah SWT yang sangat mulia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ayat kursi yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 255 juz ke-3, memiliki banyak keistimewaan dan termasuk ke dalam firman Allah SWT yang sangat mulia. Fungsi ayat kursi yaitu meminta perlindungan oleh Allah SWT. Jadi saat dalam keadaan butuh perlindungan, bacalah ayat kursi dan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Baca juga: Indonesia Segera Miliki Music & Arts Center Standar Dunia di MNC Lido City

Kali ini, amalan tentang ayat kursi menjadi topik pembicaraan di Dai Muda RCTI+ bersama Muhammad Vickry. Dai Muda sendiri tayang eksklusif di RCTI+ setiap Rabu & Jum'at pukul 15.30 WIB.

Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dalam Al-Qur'an . "Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?" Ubay menjawab, "Ayat Kursi". Maka beliau Shallallahu 'alaihi wassalam menepuk dada Ubay kemudian berkata "Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki." (HR. Muslim)

Keutamaan ayat kursi yaitu ayat ini memiliki keagungan yang melebihi langit dan bumi. Rasulullah Shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah)". Sufyan ats-Tsauri berkata, "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi." (HR. Tirmidzi)

Keutamaan lain ayat kursi yaitu dapat menghantarkan kita untuk masuk surga. Dijelaskan oleh Nabi Shallallahu 'alahi wa sallam dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian." (HR. An Nasa-i)

Rasulullah menganjurkan membaca ayat kursi sebelum ke tempat tidur. Rasulullah SAW bersanda, "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari) bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR. Bukhari)

Baca juga: Pemeriksaan USG Secara Rutin Selama Masa Kehamilan Dapat Cegah Stunting

Masih banyak keutamaan dan manfaat yang terdapat dalam ayat kursi. Selengkapnya mengenai penjelasan tentang ayat kursi, bisa viewers saksikan kembali Dai Muda eksklusif di RCTI+ melalui link berikut ini: https://www.rctiplus.com/programs/568/live-chat-plus/episode/21649/membaca-ayat-kursi-yang-baik-dan-benar-untuk-diamalkan-sehari-hari .

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2616 seconds (0.1#10.140)