Jelajah Lawang Surya Kencana, Hunting Spot Foto dan Kuliner Bogor

Rabu, 10 Maret 2021 - 20:24 WIB
loading...
Jelajah Lawang Surya Kencana, Hunting Spot Foto dan Kuliner Bogor
Lawang Surya Kencana, Pecinan di Bogor, memiliki segudang pesona dengan keberagaman budayanya. Di kawasan ini, banyak spot foto menarik dan kuliner khas Bogor. (Foto-Foto: GenSINDO/Arianti Widya Kusumastuti)
A A A
Bogor punya segudang pesona yang sepertinya tidak habis dieksplorasi. Utamanya bagi kalian yang suka kuliner dan foto, Bogor bisa sangat menjanjikan. Salah satu tempat yang musti kalian jelajahi jika lagi singgah ke Kota Hujan ini adalah Lawang Surya Kencana. Lokasi ini juga bisa disebut sebagai Pecinan alias China Town di Bogor. Penasaran, kan?

Lawang Surya Kencana ini bukanlah daerah baru di Bogor. Tempat ini sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi tempat ibadah bagi warga Tionghoa yang beragama Khong Hu Cu. Pada 2016, wali kota Bogor membarui tempat ini dan menjadikannya sebagai salah satu pusat keragaman budaya dan kuliner di Bogor.

Di Lawang Surya Kencana, terdapat sebuah gapura dengan nuansa etnis Tionghoa yang kental. Ini menandakan bahwa etnis dan budaya Tionghoa adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan di kota hujan ini. Selain gapura, di sini juga ada sebuah vihara bernama Vihara Dhanagun.
Jelajah Lawang Surya Kencana, Hunting Spot Foto dan Kuliner Bogor

Vihara Dhanagun dikenal sebagai vihara tertua di Kota Bogor. Tempat ibadah ini diyakini sudah berdiri selama kurang lebih 3.000 tahun. Setiap akhir pekan, vihara ini selalu ramai dan dipadati orang-orang yang hendak beribadah. Di hari biasa, ada juga orang yang mampir ke vihara ini untuk berdoa.

Meskipun merupakan kawasan Pecinan, keberagaman juga terasa di tempat ini. Di Lawang Surya Kencana, terdapat Gereja Bethlehem yang selalu ramai setiap Sabtu dan Minggu. Selain itu, di sepanjang jalan ini banyak terdapat beragam jajanan dan makanan jalanan alias street food dari yang halal maupun non halal.

Di Lawang Surya Kencana, berjajar para pedagang kaki lima yang menjajakan beragam makanan dari cilok ayam, roti, kue semprong, ketan bakar, martabak, es lilin dan masih banyak lagi. Sementara, restoran yang ada di sekitar tempat itu menyediakan beragama masakan halal maupun non halal. Di sini, terdapat mi ayam bakso, soto kuning khas Bogor, laksa khas Bogor, ngohiang khas Bogor, sate ayam, sate babi, mi gomak rebon, mi sop kampung melayu dan lain-lain.
Jelajah Lawang Surya Kencana, Hunting Spot Foto dan Kuliner Bogor

Selain jajanan jalanan dan restoran, di kawasan ini juga terdapat pusat perbelanjaan seperti Plaza Bogor, Teras Surken dan berbagai toko lainnya. Bagi mereka yang ingin menikmati malam dan menghabiskan waktu beberapa hari ini, bisa menginap di sejumlah hotel dan tempat penginapan. Sementara, kaum milenial biasanya mengisi kafe-kafe estetik yang tersebar di kawasan ini.
Jelajah Lawang Surya Kencana, Hunting Spot Foto dan Kuliner Bogor

Bagi sebagian orang, ketika menelusuri kawasan Jalan Lawang Surya Kencana ini, mereka seolah merasa sedang berada di Jalan Braga, Bandung. Banyaknya toko dengan aneka ragam desainnya yang menarik dan rumah dengan nuansa kuno membuatnya mirip seperti apa yang ada di Braga. Inilah yang menarik kaum milenial untuk hunting foto di tempat ini. Apalagi, hasil foto di kawasan ini tidak hanya telrihat estetik, tapi juga mengesankan. Selain menemukan spot-spot foto yang menarik, pengunjung yang ke sini akan melihat banyak sekali sisi human interest.
Jelajah Lawang Surya Kencana, Hunting Spot Foto dan Kuliner Bogor

Nah, banyak kan yang bisa kalian dapatkan di Lawang Surya Kencana ini. Selain spot foto yang keren, kalian juga bisa menikmati banyak kuliner yang mungkin belum bisa kalian temukan di kawasan lain di Bogor. Keberagaman agama, budaya dan aktivitasnya membuat Lawang Surya Kencana ini menjadi tempat yang menarik. Kawasan ini juga banyak dimanfaatkan orang untuk menghabiskan akhir pekan mereka. Di sini, mereka bisa berbelanja, berfoto, makan-makan, bersepeda dan lain sebagainya.

Arianti Widya Kusumastuti
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4081 seconds (0.1#10.140)