Vaksinasi Tenaga Kerja Hotel, Tiket.com Optimistis Sektor Pariwisata Segera Pulih

Kamis, 18 Maret 2021 - 18:04 WIB
loading...
Vaksinasi Tenaga Kerja Hotel, Tiket.com Optimistis Sektor Pariwisata Segera Pulih
Tiket.com saat menggelar sebuah acara di di Hotel Double Tree by Hilton Surabaya
A A A
SURABAYA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sejak awal Maret 2021 mulai melakukan vaksinasi kepada para pekerja yang bergerak di sektor pariwisata. Utamanya hotel dan restoran. Vaksinasi ini diharapkan mampu membangkitkan lagi sektor pariwisata yang merupakan sektor paling terdampak pandemi COVID-19.

Data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menunjukkan, diperkirakan sebanyak 121.485 tenaga kerja hotel dan restoran diusulkan untuk menerima vaksin COVID-19. Jumlah tersebut berasal dari 1.549 perusahaan anggota PHRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami mendukung program vaksinasi pemerintah untuk para tenaga kerja hotel. Kami berharap vaksinasi dapat mempercepat pemulihan ekonomi. Khususnya di sektor pariwisata,” kata Public Relations Lead tiket.com, Yosi Marhayati, dalam sebuah acara di Hotel Double Tree by Hilton Surabaya, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Tercemar Phospat, Ekosistem Sungai Tambak Wedi Surabaya Terancam Buyar

Area Manager East Indonesia, tiket.com, Rajasa Hadisoemarto mengatakan, pemulihan bisnis perhotelan di Indonesia sudah mulai mengarah ke arah positif, termasuk Surabaya. “Kami mencatat bahwa angka pemesanan hotel di kota Surabaya naik sebesar 248% dari triwulan III ke triwulan IV 2020. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan,” katanya.

Sejak terjadinya pandemi, lanjut dia, fokus utama tiket.com adalah untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. Berbagai upaya dan inovasi pun ditempuh oleh tiket.com. Salah satunya adalah fitur tiketCLEAN. Label tiketCLEAN diberikan oleh tiket.com kepada semua mitra operator pariwisata yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan. Sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat.

“Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketCLEAN. Khusus di kota Surabaya, 268 hotel telah berlabel tiketCLEAN. Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN pun bertumbuh rata-rata 35% per kuartal, sehingga pilihan hotel untuk pengalaman nginep pun semakin panjang,” imbuh Rajasa.

Baca juga: Diduga Bocorkan Putusan Sebelum Sidang, Hakim PN Gresik Dilaporkan ke Komisi Yudisial

Sementara itu, Marketing Communications Manager Double Tree by Hilton Surabaya, Icha Ayuningtyas mengatakan, Double Tree by Hilton Surabaya baru beroperasi pada akhir Januari 2021 lalu. Dalam dua, sudah mulai ada peningkatan okupansi. Hotel yang berada di Jalan Tunjungan ini memiliki sebanyak 310 kamar dengan 9 tipe.

Pada Februari lalu, okupansinya sebesar 22%. Saat ini mulai naik diangka 40%. Biasanya okupansi naik pada akhir pekan. “Untuk vaksinasi, semua pegawai hotel sudah mendaftar untuk vaksinasi. Kami saat ini menunggu kapan bisa divaksin. Untuk test COVID-19, kami rutin lakukan tes swab,” katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)