Kolesterol Tinggi Bisa Fatal, Kenali Jenisnya dan Tangani dengan Mosehat

Senin, 22 Maret 2021 - 12:13 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi Bisa Fatal, Kenali Jenisnya dan Tangani dengan Mosehat
Kolesterol tinggi atau dislipidemia terjadi karena ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Makanan berlemak memang sangat lezat, tetapi hati-hati bila berlebihan dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol sendiri adalah zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi dapat pula ditemukan pada makanan yang berasa dari hewan, misalnya daging atau susu.

Baca juga: Kembali, Hari Patah Hati Nasional Terjadi usai Ikbal Fauzi Nikahi Novia Giana

Kolesterol tinggi atau dislipidemia terjadi karena ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol. Pun begitu, tak selalu memberi dampak buruk bagi tubuh selama dalam kadar normal.

Ada tiga jenis kolesterol dalam tubuh yang perlu diketahui, yakni yang pertama kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/ LDL ) yang dapat menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan bila kadarnya terlalu tinggi. Kolesterol ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung.

Kedua, kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL) yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik. Jenis kolesterol ini berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

Ketiga yakni jenis trigliserida yang merupakan jenis lemak yang paling umum dalam tubuh. Jenis ini sebagai cadangan energi yang diperoleh dari makanan yang diolah menjadi dalam lemak dalam tubuh.

Penting untuk menjaga kadar trigliserida agar tetap normal, sebab bila kadar jenis ini dan jenis LDL tinggi dengan HDL rendah, maka pembuluh darah akan dipenuhi lemak. Akibatnya, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Ada cara untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal yakni dengan menghindari makanan yang mengandung lemak trans yang biasanya terdapat pada makanan goreng-gorengan, margarin dan makanan ringan seperti biskuit.

Sebagai gantinya, anda bisa mengonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, yakni ikan-ikanan, oatmeal, kacang-kacangan dan minyak zaitun. Namun bila sudah kolesterol sudah terlanjur buruk, sebaiknya mulai konsumsi obat.

Mosehat yang terbuat dari ekstrak Moringa oleifera (daun kelor), ekstrak Nigella sativa (Habbatussauda) atau jintan hitam dan ekstrak propolis efektif untuk menyembuhkan penyakit kolesterol. Berdasarkan penelitian Phytotherapy Research pada 2007, daun kelor dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2672 seconds (0.1#10.140)