Puasa Mutih Aurel Hermansyah Jelang Pernikahan Dikritik Warganet: Mana Ada Makan Roti ama Telor'

Selasa, 30 Maret 2021 - 19:49 WIB
loading...
Puasa Mutih Aurel Hermansyah Jelang Pernikahan Dikritik Warganet: Mana Ada Makan Roti ama Telor
Aurel Hermansyah. Foto/Instagram Aurel Hermansyah
A A A
JAKARTA - Menjelang hari pernikahannya, Aurel Hermansyah diketahui menjalani tradisi puasa mutih . Namun rupanya puasa mutih Aurel ini menuai komentar pro dan kontra netizen.

Dalam postingan Instagramnya pada Minggu (28/3), Aurel membagikan Insta Story yang menunjukkan dirinya sedang menyantap roti dan putih telur. Aurel juga mengungkapkan bahwa dirinya tengah menjalani puasa mutih.



"Puasa mutih," tulis Aurel, seraya menyematkan emoji berdoa dalam postingannya itu.

Untuk diketahui, puasa mutih merupakan tradisi yang dijalankan calon pengantin Jawa. Kebanyakan orang memilih makan nasi putih tanpa lauk dan minum air saja saat menjalankan tradisi tersebut. Konon, tujuan puasa ini adalah untuk meningkatkan aura pengantin sekaligus doa agar acara pernikahannya berlangsung lancar.

Akan tetapi, cara Aurel menjalani puasa mutih rupanya menuai komentar pro dan kontra. Hal ini terlihat usai Insta Story Aurel itu dibagikan ulang di akun gosip Lambe Turah. Banyak yang tak setuju dengan menu makanan yang Aurel posting. Kebanyakan warganet menyebut bahwa puasa mutih berarti hanya makan nasi putih dan air putih.

"Nggak gitu konsepnya. Puasa mutih itu cuma nasi putih sama air putih, itu pun makannya ada waktunya sebagaimana ada buka sama sahur gitu," kata salah seorang warganet memberikan komentar.

"Puasa mutih itu makan cm nasi doang.... mana ada makan roti ama telor," komentar warganet lain.

"Mending dibawa puasa sunah saja, dan menjaga asupan gizi, karena akan membutuhkan tenaga yang banyak, sehingga nutrisi tetap terjaga dapat pahala iya," kata warganet lain.



Di sisi lain, ada pula warganet yang mendukung Aurel. Warganet itu mengatakan bahwa puasa mutih sebagai budaya dari leluhur yang tak boleh dilupakan.

"Support si. Kalo bukan kita yang melestarikan budaya daerah masing2, terus siapa lagi? Jangan sampai budaya atau tradisi luhur hilang. tapi jangan juga menjudge orang yang mau nikah lebih simple tanpa adat. Semua orang berhak atas pilihan hidupnya," tulis netizen.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)