Jangan Mudik, Lebaran juga Bisa Tetap Asyik Bersama si Kecil di Rumah

Rabu, 20 Mei 2020 - 12:29 WIB
loading...
Jangan Mudik, Lebaran juga Bisa Tetap Asyik Bersama si Kecil di Rumah
Pandemi virus corona membuat Lebaran tahun berbeda. Kendati demikian, Anda bisa membuat Idul Fitri tetap istimewa bersama keluarga kecil Anda. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mudik Lebaran ke kampung halaman telah menjadi tradisi tahunan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Sayang, pandemi Covid-19 membuat Lebaran tahun ini berbeda. Pasalnya, untuk mencegah penularan virus corona, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman. Silahturahmi bersama keluarga dan sahabat pun dilakukan secara virtual.

Meski tidak mudik, bukan berati momen kemenangan tahun ini menjadi tidak menyenangkan. Psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M menjelaskan banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Salah satunya untuk si kecil.

"Kita harus ikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik ya. Lebaran di rumah juga bisa tetap asyik kok," kata Ratih saat acara Peluncuran Nutritods 101 Monitor: 101 Aksi Seru Dukung Tumbuh Kembang Si Buah Hati, Selasa (19/5/2020).

Baik, ibu dan ayah bisa mengajarkan anak-anak melakukan rutinitas Lebaran di rumah. Seperti halnya sungkeman yang telah menjadi tradisi Lebaran keluarga Indonesia.

Sungkeman sendiri bisa mengajarkan buah hati tanda bakti dan hormat yang dilakukan terhadap orang tua serta serta keluarga yang lebih tua. Sungkeman juga menunjukkan tanda bakti dan rasa terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan orang tua.

"Lalu buat janji untuk video call bareng keluarga besar sambil makan ketupat opor bersama," jelasnya.

Di sisi lain, Ratih menambahkan, waktu berkualitas saat Lebaran bisa dinikmati dengan melakukan sejumlah permainan. "Nikmati waktu berkualitas bersama. Misal dengan bermain board game," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0726 seconds (0.1#10.140)