Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

Senin, 05 April 2021 - 08:00 WIB
loading...
Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!
Atorvastatin mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 50 persen dalam waktu cepat. Atorvastatin ada dua macam, paten dan generik. Keduanya memiliki khasiat yang sama
A A A
Kolesterol pada dasarnya dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, saat levelnya sudah melampaui batas normal, unsur ini akan balik mengancam melalui sejumlah penyakit mematikan. Sebut saja obesitas, diabetes, stroke, hingga serangan jantung.

Level kolesterol dianggap membahayakan bila sudah mencapai lebih dari 200 mg/dL. Syukurnya, Anda bisa mencegah kemungkinan buruk tersebut dengan cara-cara berikut ini:

1. Menurunkan Berat Badan
Dalam hal ini, penurunan berat badan dilakukan untuk mendapatkan bobot yang sehat. Bahkan dengan mengurangi berat badan 5 kilogram saja sudah bisa mengurangi kadar kolesterol hingga 8 persen. Selain itu, Anda juga dapat memotong asupan makan sekitar 500 ccal per hari. Konsultasikan dahulu rencana ini bersama ahli gizi atau dokter terpercaya supaya tidak salah langkah.

2. Rajin Olahraga/Latihan Fisik
Pencegahan kenaikan kadar kolesterol dapat Anda lakukan melalui olahraga atau latihan fisik secara berkala. Pasalnya, tubuh yang jarang digerakkan akan menimbulkan penumpukan lemak dan kolesterol pada beberapa bagian tubuh yang nantinya menjadi penyebab obesitas hingga serangan jantung. Olahraga minimal 150 menit per minggu saja sudah cukup mendorong kadar kolesterol baik (HDL).

3. Atur Pola Makan Sehat
Tak dinyana makanan berkontribusi terhadap kadar kolesterol tubuh. Produk daging olahan seperti sosis dan kornet, mentega, krim, dan permen termasuk makanan-makanan yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol jahat. Sebaiknya segera ganti dengan makanan kaya serat dan ikan. Sementara untuk masak, gunakan minyak zaitun yang mampu menurunkan level kolesterol hingga 15 persen.

4. Hindari Stres dan Berhenti Merokok
Kedua hal ini dikenal sebagai penyebab berbagai penyakit berbahaya, salah satunya kolesterol jahat (LDL). Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam sebatang rokok berisiko mengiritasi dinding pembuluh darah. Sementara stres akan mengacaukan hormon dalam tubuh. Alangkah baiknya kalau Anda mulai menghentikan kebiasaan merokok dan belajar mengelola stres agar kadar kolesterol baik tetap stabil.
Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

5. Konsumsi Obat dan Suplemen
Jika Anda termasuk orang yang sulit bersabar, mungkin Anda dapat mengandalkan obat atau suplemen untuk mengembalikan kadar kolesterol ke batas normal. Obat golongan statin, seperti Atorvastatin dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 50 persen dalam waktu cepat. Atorvastatin sendiri ada dua macam, yaitu paten dan generik, di mana keduanya memiliki khasiat yang sama. Jadi tidak perlu ragu untuk konsumsi obat generik.

Demikian langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk memastikan kadar kolesterol seimbang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! (CM)
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)