Kampanye Cegah Corona, Wakil Bupati Sleman Luncurkan Lagu Sabar Sayang

loading...
Kampanye Cegah Corona, Wakil Bupati Sleman Luncurkan Lagu Sabar Sayang
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun meluncurkan lagu Sabar Sayang untuk mengedukasi warga mencegah penularan COVID-19, Rabu (20/5/2020). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A+ A-
SLEMAN - Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun memilih media lagu untuk mengampanyekan pencegahan penularan virus corona jenis baru, COVID-19. Bersama band asal Yogyakarta Aftershine, orang nomor dua di Pemkab Sleman meluncurkan lagi berjudul Sabar Sayang.

Sri Muslimatun mengatakan, lagu ini dilatarbelakangi rasa keprihatinan sikap masyarakat terhadap COVID-19. Ada yang ketakutan dan ada yang menyepelekan, di antaranya tidak pakai masker saat keluar rumah, tidak cuci tangan pakai sabun di air mengalir sebelum dan sesudah beraktivitas, serta masih berkerumum. Perilaku tidak disiplin ini menjadikan COVID-19 tidak kunjung selesai. Akibatnya sendi-sendi kehidupan, baik sosial, budaya, ekonomi, dan kesehatan lumpuh.

Karena itu, kata Sri Muslimatun, harus ada sarana untuk mengendalikannya, yaitu dengan membiasakan hidup disiplin, dan patuh menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19.

Namun kenyataannya, meski pemerintah sudah menyiapkan semua protokol, tetapi masyarakat tidak melaksanakannya. Saat ini yang menjadi masalah, pada proses pengendalian masyarakat yang tidak disiplin
terhadap protokol dan menganggap enteng. Seperti tidak memakai masker, tidak cuci tangan, tetap bepergian dan berkerumum.

"Padahal kunci utama agar pandemi COVID-19 berakhir, yaitu patuh terhadap protap. Sebab dengan tidak patuh akan menjadikan pandemi ini tidak segera selesai," kata Muslimatun soal peluncuran lagu Sabar Sayang, Rabu (20/5/2020).



Untuk itu, kata Muslimatun, melalui lagu secara tidak langsung akan membawa pesan yang masuk dalam jiwa dan tulang sumsung, dengan begitu di darah akan mengalir edukasi dan dengan suka cita tulus ikhlas mengamalkan protap kesehatan COVID-19.

"Kalau hanya dengan kata-kata tentu akan sulit untuk mengubah perilaku masyarakat, tapi dengan lagu diharapkan akan mengalir dan meresap ke jiwa dan output-nya berupa perubahan perilaku yang positif,"
katanya.

Pencipta lagu Sabar Sayang sekaligus vokalis Aftershine, Hasan mengaku senang bisa berkolaborasi dengan orang nomor dua di Sleman. Dua berharap lagu ini tidak hanya disukai, tapi juga mengedukasi masyarakat terhadap protokol kesehatan COVID-19, yakni jaga jarak, tetap di rumah, pakai masker, cuci tangan, hidup sehat dan jangan mudik dulu.

"Lagu ini juga bentuk kepedulian kami sebagai anak muda kepada masyarakat yang hari ini sedang berjuang melawan penyebaran COVID-19," katanya.

Lirik Lagu Sabar Sayang



Ojo kowe seneyng nyepeleke
Karo wabah sing lahi mggegerake
Covid songolas jenenge, ngeri tenan tularane
Ora usah ngeyel, wis ning omah wae

Sing ayem tenang rasah sumelang
Tetap waspodo, jaga jarak nang keramainan
Cuci tangan nganggo sabun, nganggo masker yen lelungan
Bareng-bareng putus rantai penularan.

Reff:
Aku kowe .... lan sak kabehe
Tetap di rumah rasah golek masalah
Taat aturan, sabar le lelungan
Supayne tetep aman

Ojo lali karo ngibadahe
Nyenyuwuno marang sing moho kuoso
Ben gek rampung pacobane
Mogo ndang ilang viruse
Meng kabeh, tentrem, koyo bendinane

Reff:
Aku kowe .... lan sak kabehe
Tetap di rumah rasah golek masalah
Taat aturan, sabar le lelungan
Supayne tetep aman

Yo pesenku sing mudik sabar ndisik
Sementara kangene lewat doa
Iki mergo kahanan durung iso sesandingan
Sing sabar sayang
(abd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top