SMP/SMA IT Taruma Bekasi, Padukan Kurikulum Formal dan Sepak Bola

Senin, 05 April 2021 - 17:54 WIB
loading...
SMP/SMA IT Taruma Bekasi, Padukan Kurikulum Formal dan Sepak Bola
SMP/SMA IT Taruma mengharmoniskan pendidikan formal, aspek sepak bola, dan pembentukan karakter. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun demikian, sampai saat ini, olahraga sepak bola minim prestasi dan belum memberikan kebanggaan berarti untuk masyarakat. Padahal di Indonesia tidak kekurangan talenta-talenta berbakat dalam olahraga ini.

Pengembangan talenta sepakbola dilakukan melalui sekolah sepak bola (SSB) atau akademi sepak bola/Football Academy (FA). Namun, pendidikan sepak bola dengan pendidikan akademik formal sering kali tidak berjalan secara harmonis karena adanya benturan jadwal pendidikan dengan jadwal latihan atau pun dengan jadwal pertandingan. Akibatnya, sering dijumpai siswa yang berbakat dalam bidang sepak bola, pendidikannya tersendat-sendat.

Oleh karena itu, SMPIT TARUMA-Islamic School and Football Academy Taruma hadir dengan konsep pembelajaran yang mengharmoniskan pendidikan formal, aspek sepak bola, dan pembentukan karakter.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka, Kemendikbud: 3 Sekolah Ini Layak Jadi Percontohan

"Sekolah ini memadukan kurikulum nasional, kurikulum sepak bola, dan program hafalan Al-Qur'an," kata Kepala Sekolah Islamic School and Football Academy Taruma Ari Budiutomo dalam siaran persnya, Senin (5/4/2021).

Sekolah dengan konsep boarding school di Bekasi ini, berdiri di atas lahan 11 hektare dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar dan pelatihan sepak bola, adapun beberapa fasilitas tersebut adalah 3 lapangan sepak bola, gedung sekolah, asrama, instalasi gizi, bus sekolah, dan masjid.

"Khusus untuk aspek sepak bola, pengembangan bakat siswa ditunjang dengan program pelatihan yang holistik dan ditunjang dengan asupan gizi sesuai dengan kebutuhan siswa sebagai atlet sepakbola," ujar Ari.

Baca juga: Usai Beli Cilegon United, Raffi Ahmad Ajak Hamka Hamzah Kelola SSB

Kehadiran SMPIT TARUMA sejak 2018 telah memberikan harapan baru, karena sekolah ini mampu mencetak banyak prestasi. Puluhan trofi turnamen dan liga berhasil diraih, dan tahun ini beberapa siswa menjalani seleksi sebagai pemain Timnas U-16.

Prestasi SMPIT TARUMA bukan hanya di bidang sepak bola, di bidang hafalan Al-Qur'an siswa telah mampu menghafal sampai dengan 5 Juz Al-Qur'an, dan di bidang akademik siswa yang mewakili sekolah ke Olimpiade Sains dan Bahasa Inggris, berhasil menjadi finalis di Kota Bekasi pada 2020. Tahun ajaran 2021/2022 Islamic School and Football Academy Taruma membuka pendidikan untuk tingkat SMA.

"Kami berharap Islamic School and Football Academy Taruma dapat menjadi role model untuk pengembangan usia dini pada bidang sepak bola di Indonesia. Semoga sekolah-sekolah sepak bola bisa mencontoh kita, sehingga pendidikan dengan sepak bola tidak perlu dipertukarkan atau dikalahkan salah satunya," kata Ari.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4361 seconds (0.1#10.140)