Aman! Kemenkes Imbau Lansia Jangan Takut Vaksinasi Covid-19

Selasa, 06 April 2021 - 00:01 WIB
loading...
Aman! Kemenkes Imbau Lansia Jangan Takut  Vaksinasi Covid-19
Kemenkes Imbau Lansia Jangan Takut Vaksinasi Covid-19. Foto/Arif Julianto.
A A A
JAKARTA - Masih banyak orang yang takut untuk vaksin Covid-19 dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah para lanjut usia (lansia) . Padahal, vaksin dapat melindungi diri dari infeksi virus corona baru .

Ketakutan dan kekhawatiran tersebut dipicu akan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) , yang beredar luas di masyarakat. Hingga saat ini kasus KIPI yang dilaporkan hanya ringan dan sedang. KIPI yang paling sering dilaporkan biasanya adalah demam dan pusing.



Merangkum dari media sosial Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (5/4), masyarakat diimbau untuk tidak perlu khawatir terhadap vaksinasi Covid-19. Sebab sebelum vaksinasi, calon penerima vaksin bakal melewati proses skrining.

“Sebelum di vaksin kan di cek dulu kondisi kesehatannya. Jadi ketika disuntikkan vaksin Covid-19 artinya tubuh siap menerima vaksin. Kalau ngantuk dan pusing sedikit, itu reaksi yang wajar,” tulis postingan tersebut.



Oleh sebab itu masyarakat, khususnya lansia sebaiknya segera divaksinasi. Sebab walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah, tapi tetap ada kemungkinan untuk tertular Covid-19 dari anggota keluarga yang lain.

“Lansia ini risikonya tinggi sekali kalau sampai tertular Covid-19,” tuntasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5226 seconds (0.1#10.140)