Destinasi Wisata yang Memukau di Lamandau yang Wajib Dikunjungi

Sabtu, 10 April 2021 - 17:57 WIB
loading...
Destinasi Wisata yang Memukau di Lamandau yang Wajib Dikunjungi
Festival Babukung: Babukung merupakan ritual adat masyarakat dayak tomun. Bukung bermakna topeng. Biasanya dilakukan ketika ada salah satu penduduk yang menganut agama kaharingan meninggal dunia
A A A
NANGA BULIK - Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyimpan sejumlah destinasi wisata yang memukau. Ada empat budaya dan lokasi wisata yang wajib dikunjungi.

Lamandau yang beribu kota di Nanga Bulik ini berdekatan dengan Pegunungan Muller Schwaner, pegunungan ini dijuluki sebagai The Heart of Borneo. Untuk mencapai daerah ini, bisa melalui Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat dari Bandara Iskandar di kota Pangkalan Bun. Jaraknya sekitar 100 km, atau sekitar dua jam perjalanan darat.

Berikut lokasi wisata di Kabupaten Lamandau yang wajib dikunjungi.

1. Riam Bahu Burung di Kecamatan Bulik Timur

Jiwa petualangmu akan diuji untuk menemukan Riam Bahu Burung. Disebut demikian karena apabila dilihat dari kejauhan, seperti di perbukitan, riam tersebut tampak seolah-olah bahu burung. Menurut penduduk sekitar, ada mata air tersembunyi di puncak bukit desa.

Namun, sayangnya lokasi ini belum terkelola dengan baik. Ditambah lagi dengan sulitnya akses. Dengan dua jalur, darat dan sungai, kamu bisa mengunjungi Riam Bahu Burung dalam waktu tempuh sekitar tiga jam dengan perahu getek dan lima naik sepeda motor.

2. Mendaki Surga di Bukit Sebayan

Bukit Sebayan diyakini masyarakat Dayak Tomun, yang menganut kepercayaan Kaharingan, sebagai lokasi surga bagi orang yang telah meninggal dunia. Bukit ini juga masih menyimpan hutan-hutan perawan yang eksotik.

Disarankan bagi yang ingin mendaki bukit untuk ditemani oleh pemandu dari penduduk sekitar. Hal ini karena ada kepercayaan dan pantangan yang menjadi budaya sejak dulu. Di bukit ini banyak terdapat flora bernama bunga Sebayan. Daya tarik Bukit Sebayan bagi para petualang adalah lokasinya yang menantang. Jarak dari ibu kota kabupaten ke bukit ini sekitar 3,5 jam perjalanan.

3. Rumah Betang Ojung Batu, Rumbang Pirak, dan Rumbang Rongas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)