Lia Eden Meninggal Dunia, Netizen Kirim Ucapan Belasungkawa

loading...
Lia Eden Meninggal Dunia, Netizen Kirim Ucapan Belasungkawa
Lia Eden. Foto/Istimewa
JAKARTA - Kabar kepergian Lia Eden tengah menyita perhatian masyarakat Indonesia. Ia dilaporkan meninggal dunia di usia 73 tahun pada Jumat, 9 April 2021.

Semasa hidupnya, Lia Eden memang sempat menjadi kontroversi karena menyebarkan sebuah aliran kepercayaan baru. Aliran itu menggabungkan ajaran agama-agama yang ada di dunia.

Baca Juga: Lia Eden Meninggal Dunia

Ia juga mendirikan wadah yang disebut Salamullah dan menyakini dirinya menerima bimbingan dari malaikat Jibril. Aksinya kemudian menjadi polemik di masyarakat. Buntut dari aksi tersebut, Lia pernah dijatuhi hukuman penjara 2 tahun 6 bulan pada 2 Juni 2009. Ia dihukum atas tuduhan penistaan dan penodaan agama.

Kabar kepergian Lia kini juga menyita perhatian publik. Beragam ucapan belasungkawa turut disampaikan oleh sejumlah tokoh akademisi dan netizen Indonesia.



Seperti yang disampaikan oleh Peneliti dari Saiful Mujani, Saidiman Ahmad.

"Turut berduka atas berpulangnya Ibu Lia Aminuddin, pemimpin Komunitas Eden Salamullah. Berkali-kali komunitas ini mendapatkan tindakan diskriminasi, bahkan pimpinannya dipenjara karena mempertahankan iman yang mereka yakini. Selamat jalan, Ibu Lia," tulisnya di Twitter.

"Lia Eden meninggal, jika beliau hidup di zaman dulu mungkin namanya bakal ditulis pada daftar orang-orang yang ada di kitab suci kali, ya?" tulis akun Samektaa.

"Walopun kultusnya nggak begitu sukses kiprahnya layaknya komunitas reliji dari Arab, gw cuma mau bilang salut dan respek buat perjuangannya. Rest in peace, Lia eden," tulis akun @heterodoks_.

Baca Juga: Lia Eden, Sosok yang Pernah Mengaku Dibimbing Malaikat Jibril



"Lia eden meninggal, orang2 kok komennya pada doain dia yg ga bener ya? Siapa tau nanti di akhirat tuhan bilang gini "terimakasih atas semua yg kau berikan dan pengabdianmu sudah selesai di dunia sekarang kembalilah ke tahta yang sesungguhnya," tulis akun @ahmadprinto.

"RIP Lia Eden. Jadi inget waktu kecil dia bagi2 jirigen yg di claim berisi "air zamzam" dari keran rumahnya, bonus album dia sama "Jibril". Kita terima karena sungkan, sama nenekku airnya dipake siram tanaman. Segitunya tepo seliro sama tetangga jaman dulu," tulis akun @nisatyas.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top