Agar Bobot Tidak Naik Drastis Selama Puasa, Begini Tips ala Deddy Corbuzier

Minggu, 18 April 2021 - 01:11 WIB
loading...
Agar Bobot Tidak Naik Drastis Selama Puasa, Begini Tips ala Deddy Corbuzier
Bulan puasa sering dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan, hal ini tidak terlepas dari perubahan pola makan. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Bulan puasa sering dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan . Hal ini tidak terlepas dari perubahan pola makan.

Baca juga: Ikut Vaksinasi Covid-19, Vino G Bastian Berharap Industri Kreatif Bangkit

Jika biasanya seseorang makanan 3 kali sehari, selama bulan puasa akan berkurang menjadi dua kali yakni, makan sahur dan berbuka puasa.

Kendati demikian, tak sedikit pula orang yang mengalami kenaikan berat badan drastis meski pola makan mereka berubah. Menurut Deddy Corbuzier , ini disebabkan oleh adanya kesalahan presepsi yang selama ini berkembang di tengah masyrakat Indonesia.

"Banyaknya persepsi yang salah yang diajarkan iklan-iklan komersial. Berbuka itu makan yang manis-manis. Tapi harus diketahui, makanan manis itu kan mengandung gula, dan gula itu bukan hanya gula bubuk doank, nasi itu juga mengandung gula, buah-buahan gula. Jadi harus lebih teliti," ungkap Deddy Corbuzier dikutip dari kanal YouTube Sabrina Chairunnisa, Sabtu (17/4/2021).

Lebih lanjut, Deddy menjelaskan, ketika tubuh mendapat asupan gula yang berlebihan, kandungan fluktosa yang tersimpan justru akan menjadi lemak. Sehingga diperlukan tindakan khusus untuk mengantisipasi hal tersebut.

Deddy tidak menampik bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk berbuka dengan makanan manis dan segar seperti kurma dan buah-buahan lainnya.

Namun dia mengingatkan bahwa pada zaman nabi dulu, orang-orang cenderung aktif bergerak sehingga proses pembakaran lemak di tubuh mereka berjalan dengan lancar.

"Sederhananya, zaman dulu orang mau pergi aja jalan kaki, naik onta, artinya orang butuh energi untuk aktivitas. Wajar mereka membutuhkan asupan glukosa. Sementara zaman sekarang, kebanyakan orang hanya bekerja di kantor, duduk di ruangan ber-AC, ambil menunggu buka puasa," ungkap Deddy.

Kebiasaan inilah yang kemudian dikenal dengan istilah sedentary atau gaya hidup yang tidak aktif dan tak banyak bergerak. Dalam arti lain, bila seseorang dengan gaya hidup sedentary memaksa untuk menyantap hidangan manis-manis saat berbuka puasa, kandungan gula pada makanan tersebut justru akan menumpuk menjadi lemak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)