Zahid Azmi Ibrahim Belajar Bahasa dari Drama Korea dan Anime Jepang, Begini Caranya

Rabu, 21 April 2021 - 12:16 WIB
loading...
Zahid Azmi Ibrahim Belajar Bahasa dari Drama Korea dan Anime Jepang, Begini Caranya
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Untuk kebanyakan orang, belajar bahasa asing merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut terjadi karena belum menemukan metode yang cocok dalam mempelajari bahasa asing.

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung bernama Zahid Azmi Ibrahim berbagi cara belajar bahasa asing yang unik yaitu dengan teknik shadowing. Zahid merupakan seorang konten kreator yang sering mengunggah video tentang edukasi dan motivasi.

Di konten terbarunya, Zahid berbagi cerita tentang aktivitasnya dalam sehari penuh. Ia memulai hari dengan bersepeda selama 1 jam. Setelah lelah berolahraga, ia lalu membeli batagor yang merupakan salah satu makanan kesukaannya.

Setelah itu ia pulang ke rumah dan menghabiskan waktu dengan menonton film kartun Jepang berjudul “Haikyuu!!”. Setelah santai-santai, Zahid pun menyiapkan diri untuk melakukan webinar yang diadakan SMA-nya dulu.

“Senang sekali rasanya bisa bertemu kembali dengan wajah-wajah yang familiar,” ujar Zahid.

Zahid melanjutkan aktivitasnya dengan belajar bahasa Jepang di YouTube. Sambil menulis sebagai latihan, Zahid juga ikut melafalkan kata-kata Jepang.

Setelah belajar bahasa, Zahid kembali menonton film kartun Jepang yang sedang populer yaitu “Attack On Titan”. Sambil menghibur diri dengan menonton, ketika menonton film pun Zahid melatih mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa asing. Teknik ini ia sebut dengan shadowing.

“Shadowing adalah ketika kita nonton suatu klip video dari native speaker kemudian kita coba ikuti cara ngomongnya mulai dari gerak-gerik mulutnya, pelafalan, intonasi, dan segala macam,” jelas Zahid.

Zahid mencontohkan teknik shadowing ini dengan menonton drama Korea hits berjudul “Start Up”. Ia menonton film tersebut dengan kecepatan 0.75 supaya lebih mudah diikuti.

Yang mau ikuti teknik shadowing saat belajar bahasa asing, yuk tonton dulu video lengkapnya di YouTube channel Zahid Azmi Ibrahim!

(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)