Keras Sama Kesalahan Orang Lain, Maklum Sama Kesalahan Sendiri. Simak Penjelasannya di Cahaya Hati Ramadan

Rabu, 21 April 2021 - 11:36 WIB
loading...
Keras Sama Kesalahan Orang Lain, Maklum Sama Kesalahan Sendiri. Simak Penjelasannya di Cahaya Hati Ramadan
Dalam Al-Quran, mencari-cari kesalahan orang lain disebut dengan istilah tajassasu (tajassus), perbuatan tersebut hampir sama dengan berburuk sangka. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kebiasaan mencari kesalahan orang lain seringkali tidak kita sadari. Terkadang, kesalahan orang lain selalu tampak, tapi kesalahan diri sendiri seakan tidak pernah ada. Hal itu seolah mendarah daging dalam diri kita sendiri. Dan menjadi kebiasaan yang susah hilang dalam masyarakat kita.

Baca juga: Mahalini Akui Karier Musiknya Terinspirasi Isyana Sarasvati

Dalam Al-Quran , mencari-cari kesalahan orang lain disebut dengan istilah "tajassasu" (tajassus). Perbuatan ini hampir sama dengan berburuk sangka. Keduanya tergolong sifat tercela yang amat dibenci Allah dan Rasul-Nya.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa mencari-cari kesalahan saudaranya, maka Allah akan menampakan kejelekannya."

Lantas bagaimana hukum mencari kesalahan orang lain menurut Islam? Temukan penjelasannya di Cahaya Hati Indonesia Ramadan iNews hari ini bersama Ustaz Yusuf Mansur, KH. Fikri Haikal MZ dan Ustaz Syam serta lantunan ayat suci Al-Quran oleh Qariah Nadia Hawasyi.

Pemirsa juga mendapatkan informasi secara lengkap dan detail tentang banyak hal seputar islam dari ustaz-ustaz ternama lainnya. Menemani waktu siang dan santap sahur pemirsa, Cahaya Hati Ramadan hadir setiap hari selama bulan Ramadan pukul 12.30 WIB LIVE dan pukul 02.30 WIB dipandu host Ali Zainal di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews.

Baca juga: Abi Rafdi dan Jelita Duet Senandungkan Maharku Surah

Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)