Pemkab Luwu Utara Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting

Minggu, 25 April 2021 - 22:38 WIB
loading...
Pemkab Luwu Utara Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting
Pemkab Luwu Utara mendorong konsumsi ikan untuk cegah stunting. Foto : Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara memberikan dukungan penuh kepada Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Luwu Utara dalam upaya pencegahan stunting di seluruh wilayah Kabupaten Luwu Utara.



Hal ini dikatakan Bupati Indah Putri Indriani saat membuka Rapat Tahunan FORIKAN Luwu Utara Periode 2019-2021, di Aula La Galigo Kantor Bupati belum lama ini di Masamba.

“Kita berharap program pencegahan stunting bisa dioptimalkan melalui FORIKAN bekerjasama dengan TP-PKK melalui Dasa Wisma,” kata Indah.

Adapun yang diharapkan dalam kolaborasi tersebut, sebut dia, adalah dapat mendorong konsumsi makan ikan dengan mengolah berbagai makanan dari ikan agar kasus stunting dapat ditekan di 1.000 hari pertama kelahiran bayi. Karena menurut dia, dua tahun usia awal manusia dapat ditentukan apakah stunting atau tidak.

“Alhamdulillah, Luwu Utara tahun 2020 konsumsi ikan kita 59,50% dan target konsumsi ikan tahun 2021 adalah 60,09%,” beber Indah.

“Kita harapkan target ini dapat mengalami peningkatan dan bisa melampaui target,” harap dia menambahkan.



Masih, kata dia, program peningkatan konsumsi ikan adalah upaya sistematis dan terstruktur yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga program ini harus mendapatkan dukungan yang lebih serius lagi.

“Terus lakukan kampanye yang masif, tidak hanya melalui media sosial, tapi juga melalui penguatan kemitraan,” imbuhnya.

Indah mengungkapkan bahwa, sektor perikanan menjadi salah satu penyumbang PDRB tertinggi untuk Kabupaten Luwu Utara. Untuk itu, dia berharap sektor ini selain bisa menggenjot sektor ekonomi, juga bisa menjadi penopang kualitas kesehatan di Luwu Utara.

“Jangan sampai hanya sebagai penyumbang di sektor ekonomi saja, tapi harus juga sebagai penyumbang kualitas kesehatan,” pungkasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)