Punya Pabrik Baterai, Thailand jadi Pusat Mobil Listrik di ASEAN

Senin, 26 April 2021 - 21:00 WIB
loading...
Punya Pabrik Baterai, Thailand jadi Pusat Mobil Listrik di ASEAN
Hadirnya pabrik baterai lithium akan jadi hal yang penting buat industri mobil listrik di Thailand dan ASEAN. Foto/Global Times.
A A A
THAILAND - Thailand tinggal sedikit lagi jadi pusat mobil listrik di ASEAN atau kawasan Asia Tenggara. Setelah banyak merek mobil di dunia membangun pabrik mobil listrik di Thailand, kini negara berjulukan Negeri Gajah Putih itu akan segera memiliki pabrik baterai mobil listrik.

Hal itu menyusul ditandatanganinya kesepakatan atara operator kawasan industri Thailand, Rojana Industrial Park Public Co Lth dengan perusahaan mobilitas berbasis di Amerika Serikat, EVLOMO Incorporated. Dalam kesepakatan itu EVLOMO Incorporated akan segera membangun pabrik baterai lithium 8GWh di Thailand.



Rencananya pabrik itu akan dibangunu di kawasan Nong Yai, Chonburi. Kehadiran pabrik baterai itu juga akan membuka 3.000 lapangan baru.

Untuk tahap awal, EVLOMO dan Rojana Industrial Park Publik Co Lth akan sama-sama mengucurkan dana sebesar USD143 juta atau setara Rp2,04 triliun. Dana itu akan digunakan untuk membangun pabrik baterai tahap awal dengan kekuatan 1GWh. Rencananya ground breaking pabrik tahap pertama itu akan dilakukan tahun ini.



Pabrik itu nantinya akan memproduksi baterai yang akan digunakan untuk berbagai jenis mobil listrik. Mulai dari mobil penumpang, bus, sepeda motor listrik, kendaraan berat dan kegiatan bisnis lainnya. Pabrik itu juga nantinya akan menyasar pasar ekspor guna mendukung elektrifikasi di kawasan Asia Tenggara.

Hadirnya pabrik ini disebutkan Carsifu akan menjadikan Thailand sebagai pusat dari elektrifikasi dunia otomotif di Asia Tenggara.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)