Bisnis Properti Menggeliat, LPKR Pede Pendapatan Akan Melesat

Rabu, 28 April 2021 - 17:10 WIB
loading...
Bisnis Properti Menggeliat, LPKR Pede Pendapatan Akan Melesat
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menerbitkan serangkaian insentif untuk mendorong industri properti bertumbuh di tengah pandemi Covid-19 . Langkah pemerintah tersebut terbukti mampu menggairahkan pasar properti di Tanah Air, di mana sejumlah emiten properti tercatat mampu mendongkrak kinerjanya meskipun masih dalam masa pandemi.

Mengenai hal tersebut, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) meyakini bahwa tahun ini menjadi tahun yang baik untuk sektor properti. Meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19, LPKR yakin bahwa fundamental permintaan masyarakat yang ingin membeli rumah perdana sangat baik.

CEO Lippo Karawaci, John Riady menuturkan, pihaknya melihat dari hasil penjualan tahun lalu dan juga awal tahun ini demand terbesar adalah untuk rumah tapak. Bahkan saat peluncuran proyek baru, berhasil ludes terjual dalam hitungan jam. “Di tahun ini kami memproyeksikan pertumbuhan kami 30 persen dibandingkan tahun 2020,” ujar John, Rabu (28/4/2021).



John menambahkan, sebelum adanya insentif pajak dari pemerintah yang diberikan kepada konsumen properti, LPKR telah membukukan kinerja positif. Pada kuartal I-2021, LPKR berhasil membukukan marketing sales Rp1,31 triliun, melesat 86 persen year-on-year (yoy) dibandingkan Rp703 miliar pada kuartal I-2020. Penjualan pada kuartal I/2021 didorong oleh klaster rumah tapak segmen kelas menengah yang mewakili 63 persen dari total penjualan.

Kemudian, lebih dari 50,6 persen marketing sales di kuartal I-2021 dicapai LPKR dengan keberhasilan peluncuran proyek perumahan tapak terbesar Cendana Icon di Lippo Village, yang merupakan penjualan tertinggi LPKR dalam satu hari selama lebih dari 20 tahun.

Menurut John, permintaan properti terbesar berasal dari rumah tapak dengan harga di bawah Rp2 miliar, dimana pembelinya sekitar 80 persen merupakan pasar perdana. Sekitar 60 persen pembeli tersebut menggunakan KPR. “Jadi inilah yang saya pikir real economy dan real demand yang harus didukung dan harus terus kita kembangkan,” kata dia.



John menyebut, pihaknya akan melakukan launching banyak proyek baru yang dimulai di bulan April 2021. “Jadi kita akan terus tumbuh dan kita juga melihat bahwa memang permintaannya besar, di Meikarta pun pun penjualan juga naik 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” tuturnya.

Sementara itu, Analis Jada Utama Kapital Sekuritas Chris Aprilliony menyebut, insentif berupa pajak pertambahan nilai (PPN) yang ditanggung pemerintah hingga Agustus nanti dipastikan akan memberikan dampak positif bagi kinerja LPKR, terutama properti di koridor barat ibukota memiliki tren peningkatan penjualan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)