Kenali Gejala Radang Usus dan Cara Penanganannya dengan Mosehat

Selasa, 27 April 2021 - 04:34 WIB
loading...
Kenali Gejala Radang Usus dan Cara Penanganannya dengan Mosehat
Penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease adalah kondisi peradangan kronis pada saluran pencernaan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas . Biasanya sakit perut ini disertai dengan diare dan tidak berlangsung lama.

Baca juga: Jangan Abaikan Imunisasi Rutin Anak Meski Pandemi Covid-19

Namun bila sakit perut yang dialami terasa sangat parah, bisa jadi tanda gejala radang usus . Penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease adalah kondisi peradangan kronis pada saluran pencernaan.

Radang usus bisa berlangsung sangat lama dan gejalanya bisa hilang timbul selama beberapa waktu. Gejala yang dialami setiap penderita bisa berbeda-beda tergantung bagian mana yang mengalami peradangan.

Hanya saja, secara umum gejala radang usus ditandai dengan sakit perut disertai buang air besar berdarah, nyeri pada rektum dan wasir hingga, demam, nafsu makan menurun hingga berat badan menurun. Penyebab pasti radang usus sendiri belum diketahui.

Perkiraan penyebab penyakit radang usus karena adanya malfungsi atau kelainan dari sistem kekebalan tubuh. Kelainan fungsi sistem imun ini terjadi ketika sistem imun seseorang yang seharusnya melawan bakteri dan virus, malah menyerang lapisan dinding usus dan mengganggu kerja usus.

Beberapa faktor seperti diet dan stres yang dipercaya menjadi salah satu pemicu memperparah gejala radang usus. Penderita disarankan mengonsumsi makanan berserat untuk memberikan nutrisi maksimal pada tubuh seperti roti, telur, tahu putih, tomat, wortel, sayur bayam dan lainnya.

Sementara makanan yang harus dihindari oleh penderita radang usus adalah daging merah yang mengandung lemak dan zat besi tinggi. Sebab, daging ini lebih lama dicerna oleh usus sehingga akan menyebabkan sembelit dan meningkatkan resiko peradangan usus.

Selain itu penderita harus menghindari penyebab utama radang usus yaitu mie instan. Dalam mie instan mengandung zat yang dapat merusak pencernaan. Olahan susu juga perlu dihindari seperti yogurt, keju, dan es krim yang mengandung laktosa.

Penyembuhan radang usus bisa dengan bantuan obat-obatan herbal yang mengandung daun kelor seperti obat minum Mosehat. Obat ini mengandung ekstrak daun kelor, ekstrak jintan hitam dan ekstrak propolis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)