alexametrics

Beragam Olahan Pisang yang Bisa Dijadikan Menu Buka Puasa

loading...
Beragam Olahan Pisang yang Bisa Dijadikan Menu Buka Puasa
Buah berwarna kuning ini menjadi salah satu bahan yang mudah diolah. / Foto: ilustrasi/Home Sweet Sweden
A+ A-
JAKARTA - Terdapat banyak sekali kudapan untuk buka puasa yang terbuat dari bahan buah-buahan, dan salah satunya adalah pisang. Buah berwarna kuning ini menjadi salah satu bahan yang mudah diolah. Biasanya orang-orang memilih mengolah pisang dengan cara dihaluskan untuk bisa mendapatkan aroma dan rasa yang lebih kuat.

Namun, ada juga cara lain untuk mengolah pisang. Dalam keadaan utuh misalnya, atau bisa juga dengan cara dipotong atau diiris tipis-tipis. Kelezatannya tidak kalah dengan pisang yang dihaluskan. Selain lebih praktis, cara ini juga membuat Anda masih tetap bisa merasakan tekstur asli dari pisang.

Berikut beragam olahan pisang yang bisa disajikan untuk menu buka puasa seperti dikutip dari EndeusTV.



1. Pisang Bakar

Pisang bakar bisa menjadi kudapan untuk buka puasa. Anda akan suka dengan tekstur pisangnya yang sudah terkaramelisasi. Cara pembuatannya sangat mudah, hanya perlu memotong pisang dengan bentuk memanjang lalu bakar di atas teflon.

Balik setiap sisinya agar bisa matang merata. Olesi juga mentega untuk menambahkan rasa gurih. Jika sudah berwarna kecokelatan, angkat pisang. Sajikan bersama dengan kental manis, parutan keju, dan meses agar semakin lezat.

2. Pisang Cokelat

Suka perpaduan antara pisang dan cokelat? Coba aja dijadikan sebagai kreasi kudapan lezat berupa pisang cokelat. Kudapan yang satu ini sudah terkenal sejak zaman dulu dan sangat hits di kalangan anak sekolah.

Rasa manis dengan tekstur renyahnya di kulit luar membuat siapa saja tergoda ingin mencicipinya. Belum lagi jika ditambah dengan perpaduan lelehan cokelat yang menyatu ke dalam lembutnya pisang.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama potong pisang menjadi beberapa bagian lalu masukkan ke dalam kulit lumpia. Tambahkan juga lelehan cokelat masak agar rasanya semakin manis. Tutup kulit lumpia secara rapih lalu goreng deep-fry. Pisang cokelat sudah siap disajikan dengan topping lelehan cokelat.

3. Pisang Molen

Tidak ada salahnya buka puasa dengan menyantap kudapan gorengan manis. Makanan ini memiliki tekstur kulit yang renyah. Perpaduan keduanya sangat tepat bercampur dengan lembut dan manis pisang di dalam. Molen semakin nikmat jika disajikan ketika hangat.
(nug)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak