Puasa Lancar dengan Konsumsi Gizi Seimbang

Kamis, 29 April 2021 - 23:23 WIB
loading...
Puasa Lancar dengan Konsumsi Gizi Seimbang
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan dengan double moment, puasa dan pandemi. Pada puasa sendiri terdapat pola makan di mana waktu makan dibatasi dari terbit fajar hingga sore hari.

Di waktu tersebut, sekitar 12-13 jam tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman. Hal ini tentu menuntut kita untuk memenuhi nutrisi yang cukup selama menjalankan puasa.

Ahli Gizi Seala Septiani S.Gz, M.Gizi menyatakan, pada dasarnya kebutuhan nutrisi antara orang yang berpuasa dan tidak berpuasa tetaplah sama, yaitu kebutuhan gizi seimbang.

“Prinsip dasar gizi seimbang adalah jenis makanan dengan variasi cukup serta seimbang dibarengi jumlah porsi yang cukup. Di dalamnya harus ada sumber karbohidrat kompleks, protein, serta dilengkapi dengan buah dan sayur. Tidak hanya variasi, jumlah makanannya juga harus diperhatikan, tidak berlebihan,” ungkapnya dalam acara Happy at Home with Hometown Ramadhan Series, belum lama ini.

Seala menuturkan bahwa cairan, sumber protein, dan serat sangat penting ketika sedang memenuhi nutrisi di bulan puasa. Susu segar pasteurisasi menjadi salah satu alternatif padat gizi untuk membantu memenuhi kebutuhan protein, karena kandungan protein dan mikronutriennya dapat membantu menutrisi tubuh selama berpuasa.

“Selain itu, 2 gelas susu segar sehari dapat membantu mengisi kebutuhan cairan tubuh yaitu minimal 8 gelas sehari pada orang normal,” terang Seala.

Ia menjelaskan, untuk mengetahui jumlah gizi atau nutrisi seimbang, dapat menggunakan prinsip “Isi Piringku”. Caranya, makan dalam 1 piring dengan aneka ragam makanan. Komposisinya satu piring dibagi dua, setengah piring berisi 2/3 karbohidrat kompleks, dan 1/3 lauk pauk serta setengah piring lain untuk buah dan sayur-mayur.

Selain itu, kebutuhan air juga sangat penting, minimal 8 gelas sehari. Namun, di kebutuhan cairan tubuh itu bisa didapat dari berbagai hidangan. Hati-hati jika memilih cairan yang tinggi gula dan ini penting untuk diperhatikan.

“Batas maksimal gula, garam, dan lemak harian orang normal adalah 4 sendok makan untuk gula, 1 sendok teh garam untuk garam, dan lemak/minyak adalah 5 sendok makan per hari,” tambah Seala.

Sementara itu Marketing Hometown Dairy Anjani Miranti menuturkan, Happy at Home with Hometown Ramadhan Series bertujuan untuk edukasi keluarga di rumah tetap happy menjalankan aktivitas dan penuhi nutrisi selama puasa.

“Happy at Home with Hometown akan mengadakan sesi terakhir pada 1 Mei 2021 jam 11.00 WIB dan dapat disaksikan di Instagram Live," ungkap Anjani.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)