alexametrics

5 Persiapan Lebaran, Kebersihan Rumah hingga Cemilan

loading...
5 Persiapan Lebaran, Kebersihan Rumah hingga Cemilan
Lebatan identik dengan ketupat. Tapi, ada hal lain yang juga harus dipersiapkan. sebut saja kebersihan rumah dan cemilan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Setelah hampir sebulan penuh menjalani puasa Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri menjadi waktu yang dinanti. Jadi, pastikan Anda menyambut hari kemenangan ini dengan kegembiraan. Anda pun bisa mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang.

Tak hanya ketupat yang harus dipersiapkan. Ada beberapa hal penting yang juga perlu dipersiapkan menjelang Lebaran. Beriku seperti dilansir Sociolla, berikut persiapan menyambut momen istimewa Idul Fitri.

1. Kebersihan rumah
Meski Lebaran tahun ini dianjurkan untuk tetap di rumah, namun tetap penting untuk menjaga kebersihan rumah agar nyaman.



2. Bayar zakat
Selain berpuasa, kewajiban lain umat muslim pada bulan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah. Untuk yang satu ini, sebaiknya tidak Anda tunda-tunda. Zakat fitrah wajib bagi mereka yang mampu dan wajib dibayarkan paling lambat sebelum selesai menunaikan salat Idul Fitri.

3. Uang tunai
Perayaan Idul Fitri di Indonesia kerap diwarnai dengan tradisi bagi-bagi THR. Untuk Anda yang sudah mampu berbagi THR, pastikan menyiapkan uang tunai dalam berbagai nominal. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan amplop kecil di dalam tas Anda.

4. Camilan
Hari Raya Idul Fitri juga dirayakan dengan beragam makanan yang tersaji di meja. Selain ketupat dan rendang, camilan seperti kue kering yakni nastar hingga kastengel juga selalu tersedia saat Idul Fitri. Obrolan bersama keluarga tentu akan terasa lebih hangat dan menyenangkan jika ditemani dengan camilan.

5. Kesehatan
Setelah satu bulan menjalani puasa, tubuh akan mulai menyesuaikan dirinya dengan pola makan saat berpuasa. Saat Idul Fitri, cukup banyak kasus di mana orang-orang mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat dalam jumlah berlebihan. Akibatnya, tubuh menjadi rentan mengalami masalah pencernaan seperti diare dan sembelit, serta penyakit kolestrol atau asam urat. Meski antusias dalam menyambut Lebaran, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak