Ngantuk di Pagi Hari saat Puasa Tanda Diabetes? Ini Kata Ahli!

Jum'at, 30 April 2021 - 13:30 WIB
loading...
Ngantuk di Pagi Hari saat Puasa Tanda Diabetes? Ini Kata Ahli!
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Rasa Kantuk berlebih di pagi hari saat puasa ramadhan dialami sebagian orang. Kondisi tersebut dikaitkan dengan tanda gejala diabetes . Namun, apakah itu benar?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam JEC Eye Hospitals and Clinics, dr Suharko Soebardi SpPD-KEMD, mengatakan bahwa mengalami kantuk berlebih di pagi hari, khususnya karena berpuasa Ramadhan, tidak berarti Anda mengidap diabetes.

Baca juga : Menteri Nadiem Sebut Ada Gap antara Permintaan Industri dengan Keterampilan Lulusan

"Salah satu gejala diabetes memang merasa lesu atau kantuk berlebih. Tapi, itu bukan gejala yang kemudian langsung dapat disimpulkan seseorang mengalami diabetes," kata dr Suharko dalam webinar JEC Eye Talks,Pengaruh Puasa pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes,Selasa (27/4/2021).

Terlebih saat berpuasa, rasa lesu atau kantuk di pagi hari mungkin bisa karena jam tidur yang tidak utuh. Kondisi tersebut yang akhirnya membuat tubuh merasa kantuk berlebih.

Baca juga : Tinjau Panen di Malang, Presiden Jokowi Buktikan Produksi Padi Memuaskan

Dokter Suharko mengatakan, ada gejala spesifik yang lebih penting diperhatikan untuk menentukan seseorang kemungkinan memiliki masalah diabetes. Adalah buang air kecil di malam hari.

"Kencing di malam hari cukup signifikan menandakan seseorang ada kemungkinan mengalami diabetes. Meski, pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menegakkan diagnosisnya," ujarnya.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)