4 Orang Ini Tidak Akan Mendapatkan Lailatul Qadar, Siapa Saja?

Senin, 03 Mei 2021 - 15:05 WIB
loading...
4 Orang Ini Tidak Akan Mendapatkan Lailatul Qadar, Siapa Saja?
Umat muslim melakukan iktikaf di Masjid Dian Al-Mahri atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Mas Depok, sebelum masa pandemi. Foto/Dok SINDOnews
A A A
Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah adanya satu malam yang sangat berkah dan hanya dikhususkan untuk umat Nabi Muhammad shallalallahu 'alaihi wasallam. Namun ada 4 golongan orang yang tidak mendapatkan Lailatul Qadar tersebut.

Sebagaimana diketahui, Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Umat Islam diperintahkan mencari malam ketetapan itu pada 10 hari terakhir Ramadhan.


Rasulullah shallalallahu 'alaihi wasallam memberi petunjuk lewat sabda beliau:

تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان

"Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir Ramadhan." (HR Al-Bukhari)

Dalam riwayat lain disebutkan: "Siapa yang melaksanakan sholat (Qiyam) pada malam Lailatul Qadar karena dasar iman dan keikhlasan maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni."

Lalu, siapa saja empat golongan orang yang tidak akan mendapatkan Lailatul Qadar? Berikut penjelasannya dinukil dari Kitab Al-targhib wat Tarhib:

فَإِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ يُنَادِيْ جَبْرَائِيْلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ : مَعَاشِرَ الْمَلاَئِكَةِ الرَّحِيْلَ الرَّحِيْلَ فَيَقُوْلُوْنَ يَا جَبْرَائِيْلُ فَمَا صَنَعَ اللهُ فِيْ حَوِاِئجِ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْ أُمَّةِ أَحْمَدَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَيَقُوْلُ نَظَرَ اللهُ إِلَيْهِمْ فِيْ هَذِهِ الَّيْلَةِ فَعَفَا عَنْهُمْ وَغَفَرَ لَهُمْ إِلاَّ أَرْبَعَةُ فَقُلْنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ مَنْ هُمْ قَاَل رَجُلٌ مُدْمِنُ خَمْرٍ وَعَاقٌّ لِوَالِدَيْهِ وَقَاطِعُ رَحِمٍ وَمُشَاحِنٌ. قِيْلَ وَمَنْ الْمُشَاحِنُ قَالَ : هُوَ الْمُصَارِمُ . يَعْنِيْ الَّذِيْ لَا يُكَلِّمُ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ

Maka ketika fajar telah meyingsing, Malaikat Jibril menyeru: Wahai para Malaikat, silakan pergi! silahkan pergi! maka mereka bertanya: Wahai Malaikat Jibril, apa yang akan diperbuat Allah terhadap kepentingan-kepantingan orang-orang mukmin dari Ummat Muhammad?

Jibril menjawab: Allah memperhatikan mereka maka Dia akan mengampuni mereka, kecuali empat orang. Kemudian para sahabat bertanya: Siapakah mereka Ya Rasul? Rasulullah menjawab: "Mereka adalah (1) Orang yang selalu meminum minuman keras, (2) Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, (3) Orang yang memutus tali silaturrahim, (4) Orang yang bermusuhan (tidak tegur sapa) dengan saudaranya melebihi tiga hari. (Al-targhib wat Tarhib juz 2 Halaman 61)

Demikian agungnya Lailatul Qadar dan Allah yang Maha Pengasih memberi ampunan kepada orang-orang mukmin, kecuali mereka yang termasuk ke dalam empat golongan di atas. Semoga Allah menjauhkan kita dari empat perkara di atas.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)