Kurang Tidur Picu Berbagai Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Selasa, 04 Mei 2021 - 16:04 WIB
loading...
Kurang Tidur Picu Berbagai Masalah Kesehatan, Apa Saja?
Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun pagi. / Foto: ilustrasi/SciTechDaily
A A A
JAKARTA - Kebutuhan terpenting manusia setelah makan dan bernapas, adalah tidur yang cukup. Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan . Lantas, apa yang terjadi jika kita kurang tidur?

Baca juga: Melinda French, Janda Bill Gates yang Dikenal Sangat Dermawan

Tidur memiliki peran yang maha penting bagi tubuh. Pada saat tidur , tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun pagi, serta siap menjalani aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan diproduksi. Dirangkum dari beberapa sumber, kurang tidur dapat mengakibatkan sejumlah masalah, antara lain:

1. Penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh

Seperti yang kita tahu, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk penyembuhan luka atau melawan penyakit. Tapi ternyata, ketika seseorang kurang tidur, sistem kekebalan tubuh menjadi tidak berfungsi baik. Kurang tidur dapat menghambat pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Orang yang kurang tidur lebih rentan terkena flu.

Menurut sebuah penelitian, orang yang kurang tidur hampir tiga kali lebih mudah terserang flu dibanding orang yang beristirahat cukup. Para peneliti juga menemukan bahwa gangguan tidur mengurangi kemampuan sel dalam melawan inflamasi atau peradangan. Kondisi ini juga membuat kondisi seperti asma, radang sendi, hingga penyakit kardiovaskular makin sulit diatasi.

2. Penuaan kulit

Menurut sebuah penelitian dari University of Wisconsin, kualitas tidur yang buruk sangat berkorelasi dengan masalah kulit kronis. Penelitian ini menemukan kekurangan tidur menyebabkan tanda penuaan kulit yang lebih awal. Tak hanya itu, ketika ada kerusakan kulit, kurang tidur membuat proses penyembuhan makin lama.

3. Memperburuk ingatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)