Nikmatnya Nasi Kikil Khas Jombang Favorit Gus Dur

Rabu, 05 Mei 2021 - 17:25 WIB
loading...
Nikmatnya Nasi Kikil Khas Jombang Favorit Gus Dur
Nikmatnya Nasi Kikil Khas Jombang Favorit Gus Dur. Foto/Avirista Avirista.
A A A
JOMBANG - Nasi kikil khas Jombang merupakan makanan favorit Presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur . Berbicara tempat makan favorit Gus Dur makan kikil, tak bisa dilepaskan dari Warung Abang. Letaknya yang berada di Jalan KH. Hasyim Asyari Diwek, Jombang, tak jauh dari Ponpes Tebuireng menjadikan warung ini, tujuan Gus Dur untuk makan makanan favoritnya.

Bahkan karena terlalu seringnya Gus Dur makan di warung tersebut, akhirnya sang pemilik atas restu Gus Dur, menyebut nama warung nasi kikilnya menjadi Warung Nasi Kikil Gus Dur. Memasuki warung kikil tersebut, tampak foto Gus Dur bersanding dengan orang tuanya Siti Qoirumlah dan ayahnya yang akrab disapa Cak Man.

Pengelola Warung Abang, Siti Munazilah menuturkan, dinamakan Warung Abang karena sejak dahulu didirikan neneknya warung tersebut telah dicat dengan warna merah.

"Sudah lama berdiri, tahunnya saya nggak tahu pasti, yang jelas sebelum kemerdekaan itu sudah ada. Dari dulu memang warnanya merah, jadi makanya sebutannya Warung Abang," tutur Siti Munazilah belum lama ini.

Nikmatnya Nasi Kikil Khas Jombang Favorit Gus Dur




Sejak tahun 1995 dikatakan Munazilah, warung dikelola oleh ibunya, Siti Qoirumlah. Munazilah dan ketiga saudara kandungnya, menjadi generasi ke tiga yang meneruskan bisnis kuliner ini.

"Saya ini generasi ketiga ngelola sama adik-adik. Kalau nama asli warung ini, Warung Abang. Tapi orang-orang nyebutnya warung kikil Gus Dur, karena ya itu tadi, Gus Dur sering makan di sini. Akhirnya sebutannya juga warung kikil kesukaan Gus Dur," kata Munazilah.

Dijelaskan Munazilah, Gus Dur kerap kali makan di warungnya saat tengah dikelola sang ibu. Kala itu Gus Dur makan di warung ini, sejak sebelum menjadi Presiden. Bahkan saat menjadi Presiden, jika sedang pulang ke Jombang, selalu menyempatkan diri mampir makan di warung kikil tersebut.

"Beliau dari dulu sebelum menjadi Presiden, sampai jadi Presiden, sampai waktu mau meninggal itu sering ke sini. Terakhirnya kapan itu saya lupa, pokoknya sebelum meninggal sempat makan di sini. Beliau selalu bilang nggak mau diistimewakan," jelas Munazilah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)