Paul Van Doren, Pendiri Sepatu Vans Meninggal Dunia

Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:42 WIB
loading...
Paul Van Doren, Pendiri Sepatu Vans Meninggal Dunia
Paul Van Doren, Pendiri Sepatu Vans Meninggal Dunia. Foto/Los Angeles Times.
A A A
JAKARTA - Paul Van Doren , pendiri sepatu Vans , meninggal dunia pada usia 90 tahun. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh Vans yang berbasis di Costa Mesa, California pada Jumat (7/5).

Doren meninggal tepat sembilan hari setelah penerbitan bukunya yang berjudul Authentic: A Memoir by the Founder of Vans. Tidak ada penyebab kematian yang diberikan, tetapi menurut Vans, Doren meninggal di rumah dan dikelilingi oleh keluarganya.

“Dengan berat hati Vans mengumumkan meninggalnya salah satu pendiri kami, Paul Van Doren,” tulis perusahaan tersebut di Instagram dilansir dari Los Angeles Times, Sabtu (8/5).

“Paul bukan hanya seorang pengusaha; dia adalah seorang inovator. Van Doren Rubber Co. adalah puncak dari eksperimen dan kerja keras seumur hidup di industri sepatu. Seperti Paul, sejak hari pertama bisnisnya, Vans sangat inovatif," lanjutnya.



"Saat toko Vans pertama dibuka, tidak ada toko retail yang berdiri sendiri hanya untuk sepatu kets. Eksperimen berani Paul dalam desain produk, distribusi, dan pemasaran, bersama dengan bakatnya dalam angka, dan kejeniusannya dalam efisiensi mengubah bisnis sepatu keluarga Paul menjadi kisah sukses yang seluruhnya Amerika,” tandasnya.

Lahir di Massachusetts, Doren meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun untuk bekerja di pabrik sepatu lokal. Pada tahun 1964, majikannya, Randolph Rubber Co, mengirimnya ke California Selatan untuk membantu memperbaiki pabrik Garden Grove. Pada tahun berikutnya, Doren dan majikannya telah berpisah.

Untuk meluncurkan bisnis sepatunya, Doren yang lebih tua bermitra dengan saudaranya, James Van Doren, dan mitra bisnis Gordon Lee dan Serge D'Elia. Pada awal 1966, bisnisnya sudah mulai bergerak, dan pada 16 Maret tahun itu, Van Doren Rubber Co membuka pintunya di 704 E Broadway di Anaheim.

Gaya pertama adalah sepatu dek kanvas bertali yang dikenal sebagai Style 44. Bisnis ini sangat baru sehingga banyak kotak di rak kosok tanpa sepatu. Pelanggan hari pertama berjumlah antara 12 dan 16, mencoba sampel dan memesan. Sepatu itu diproduksi di tempat semalaman dan diambil keesokan harinya.


Pada tahun 1982, Vans melihat peruntungannya berubah secara dramatis ketika Sean Penn mengenakan sepasang slip-on kotak-kotak hitam-putih dalam perannya sebagai surfer-stoner Jeff Spicoli dalam film Fast Times at Ridgemont High.

Saat ini perusahaan tersebut mempekerjakan dua dari lima anak Doren yaitu Steve yang menjabat sebagai Wakil Presiden Acara dan Promosi Vans, dan Cheryl yang merupakan Wakil Presiden Sumber Daya Manusia.

Selain itu, dua cucu Doren juga terlibat dalam perusahaan ini. Mereka adalah Kristy Van Doren menjabat sebagai Direktur Senior Pemasaran Vans untuk Amerika Utara dan Jenny Battiest bekerja di perusahaan yang berbasis di Costa Mesa sebagai Manajer Merchandising untuk Amerika.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)