Jamin Standar Keamanan Pangan, Gerai Ini Sediakan Telur Ayam Bebas Kandang Sekat dan Bersertifikasi NKV

Minggu, 09 Mei 2021 - 06:22 WIB
loading...
Jamin Standar Keamanan Pangan, Gerai Ini Sediakan Telur Ayam Bebas Kandang Sekat dan Bersertifikasi NKV
Telur ayam merupakan sumber pangan hewani yang cukup terjangkau dan diminati masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Telur ayam merupakan sumber pangan hewani yang cukup terjangkau dan diminati masyarakat. Tapi, tahukah Anda bahwa ada yang namanya telur bebas kandang sekat?

Berdasarkan hasil Survei Konsumsi Bahan Pokok 2017 dan Survei Sosial Ekonomi Nasional 2019 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat konsumsi telur ayam ras sebesar 18,16 kg/kapita/tahun. Sedangkan kebutuhan telur ayam ras sampai Mei 2020 diperkirakan sebesar 2.059.735 ton.



Angka tersebut menunjukkan kalau telur ayam merupakan produk pangan asal hewan yang cukup diminati masyarakat Indonesia dan permintaannya terus meningkat. Nah, telur ini ternyata memiliki klasifikasi tersendiri terkait dengan pola ternak yang diterapkan pada si ayam petelur. Misalnya saja cage free egg.

Telur jenis cage free ini dihasilkan oleh ayam yang diternak tanpa sekat. Dengan kata lain, kandang ayam dibuat tanpa sekat-sekat kecil sehingga ayam dapat bebas berkeliaran di dalam kandangnya yang besar.

"Ayam yang diternak dalam kandang tanpa sekat bisa bebas bergerak sehingga mereka lebih bahagia dan telur yang dihasilkan pun lebih baik. Telur ini juga dihasilkan sesuai dengan keamanan pangan, tidak terkena kotoran ayam karena tempat bertelurnya dibuat khusus sehingga lebih higienis," papar Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo Yuvlinda Susanta dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

Higienitas dan penerapan standar keamanan pangan yang sesuai regulasi pemerintah memang menjadi komitmen Super Indo. Gerai supermarket ini menjamin komoditas pangan yang berasal dari hewan yang mereka sediakan telah memenuhi standar tersebut, salah satunya dengan dipenuhinya Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

“Pelanggan yang berbelanja di gerai kami adalah mereka yang membeli kebutuhan pokok dan barang penting lain. Salah satu kebutuhan pokok yang paling diminati adalah telur ayam. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menginformasikan tentang komitmen telur ayam kami, di mana 100% telur ayam yang kami jual bersumber dari peternakan yang dapat dilacak dan bersertifikat NKV sebagaimana diatur oleh pemerintah Indonesia. Super Indo juga kini telah menyediakan telur tanpa kandang sekat atau cage free egg di beberapa gerai,” kata Chief Executive Officer Super Indo Johan Boeijenga.

Telur ayam, timpal Yuvlinda, merupakan produk hewani yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Selain dijadikan makanan pokok, telur ayam juga dapat menjadi bahan tambahan dalam makanan.

"Oleh karena itu, kami akan berusaha menjadi tempat belanja yang lebih baik dan mengupayakan standar keamanan pangan setiap hari. Kami mendorong perubahan positif, memastikan telur ayam yang kami jual berasal dari produsen yang memiliki komitmen yang sama dan telah menerapkan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Baca Juga: Cara Membuat Bipang Ambawang, Babi Panggang yang Disarankan Jokowi untuk Oleh-Oleh Lebaran

Selain 100% bersertifikasi NKV, pelanggan juga bisa mendapatkan telur bebas kandang sekat seperti yang disebutkan di atas di 15 gerai Super Indo mulai Maret 2021. Dan, ditargetkan pada 2022 seluruh gerai sudah akan menjual cage free egg tersebut.

"Ini adalah upaya berkelanjutan. Kami bekerja sama dengan pemasok dan mitra kami. Kami berharap bisa menginspirasi pelaku ritel makanan lain di Indonesia untuk bergabung dalam gerakan kesejahteraan hewan,” pungkas Yuvlinda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)