Kemendikbudristek Luncurkan Beasiswa Gelar dan Non-Gelar untuk SDM Vokasi

Rabu, 12 Mei 2021 - 12:18 WIB
loading...
Kemendikbudristek Luncurkan Beasiswa Gelar dan Non-Gelar untuk SDM Vokasi
Ditjen Diksi Kemendikbudristek meluncurkan 9 skema pembiayaan yang terdiri atas program gelar dan non-gelar bagi SDM pendidikan vokasi. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) meluncurkan 9 skema pembiayaan yang terdiri atas program gelar dan non-gelar bagi SDM pendidikan vokasi di Tanah Air.

Pendanaan program-program ini bersumber dari dana abadi pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Peluncuran program dilaksanakan bersama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek dalam acara “Sosialisasi Program Beasiswa Gelar dan Non-Gelar bagi Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi Akademik dan Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi”.



Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto menyebut, berbagai skema pembiayaan studi yang diluncurkan merupakan perwujudan dari merdeka belajar yang selama ini digaungkan sebagai strategi meningkatkan mutu pendidikan, baik akademik maupun vokasi dan profesi.

Pendidikan vokasi sendiri membutuhkan SDM yang tidak hanya unggul, tetapi juga kompeten agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), serta mampu menjawab kebutuhan pembangunan bangsa di masa depan.

“Program ini menawarkan kemerdekaan, keluwesan, dan fleksibilitas, tetapi substansinya tepat. Namun tantangannya pun tidak mudah karena relevansi serta kualitas menjadi pertaruhan dari ini semua. Sehingga kesiapan seluruh civitas akademika untuk memanfaatkan program ini sangat kami harapkan,” katanya melalui siaran pers, Selasa (11/5).



Sembilan program yang ditawarkan oleh Ditjen Diksi, meliputi: 1) Program Beasiswa S1/D4 Calon Guru SMK; 2) Beasiswa Pendidikan Bergelar Dosen dan Calon Dosen PTPPV; 3) Bridging Course Vokasi; 4) Kampus Merdeka Vokasi; 5) Magang Dosen dan Tenaga Kependidikan PTPPV; 6) Sertifikasi Dosen dan Tenaga Kependidikan PTPPV; 7) Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri - Dosen PT Vokasi; 8) Program Project Based Learning/ Praktik Kerja Lapangan Bersertifikat Bagi Siswa SMK (Dalam Negeri dan Luar Negeri) dan 9) Program Project Based Learning/ Magang Bersertifikat Guru SMK (Dalam Negeri dan Luar Negeri).

Dia menegaskan, program-program tersebut harus dimanfaatkan optimal oleh SDM vokasi di jenjang SMK hingga Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV). Misalnya, pendaftar program beasiswa studi untuk calon guru SMK dan beasiswa studi lanjut untuk calon dosen PTPPV harus memiliki passion, bukan sekadar mengejar target ijazah semata.

Lebih lanjut, Ia menambahkan target dari program beasiswa ini adalah melahirkan pendidik yang memiliki kemampuan pedagogik dan mendapatkan sertifikasi kompetensi yang diakui industri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)