Vaksinasi Covid-19 Tak Aman untuk Perempuan Menstruasi? Ini Faktanya!

Rabu, 19 Mei 2021 - 21:24 WIB
loading...
Vaksinasi Covid-19 Tak Aman untuk Perempuan Menstruasi? Ini Faktanya!
Vaksinasi Covid-19 Tak Aman untuk Perempuan Menstruasi? Ini Faktanya! Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 dikabarkan tak aman untuk perempuan yang sedang menstruasi . Kabar ini beredar lewat pesan di Facebook yang berasal dari India .

Pesan tersebut mengimbau para perempuan untuk tidak melakukan vaksinasi sebelum dan setelah lima hari menstruasi, sebab dosis vaksin akan menurunkan imunitas terlebih dahulu.

Menurutnya, ini sangat berbahaya bagi wanita yang sedang menstruasi karena pada saat itu imunitas tubuh juga sedang menurun.



Merangkum dari Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id Rabu (19/5), menyatakan bahwa informasi yang beredar di media soaial tersebut tidaklah benar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui AFP Fact Check mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar. Tidak ada dasar ilmiah mengenai klaim tersebut. Alasan ini pun diperkuat dengan statemen Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) , Siti Nadia Tarmizi.

Ia menyatakan bahwa perempuan yang sedang menstruasi boleh dan aman untuk divaksinasi, dan apabila ada gejala lain seperti nyeri haid yang tidak tertahankan, maka vaksinasi bisa ditunda 1-3 hari sesuai dengan gejala yang dialami.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3704 seconds (0.1#10.140)