10 Alasan untuk Kamu Tidak Lagi Minum Diet Soda

Kamis, 20 Mei 2021 - 21:05 WIB
loading...
A A A
10 Alasan untuk Kamu Tidak Lagi Minum Diet Soda

Foto:Tharakorn Aronathai/EyeEm/Getty Images

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pemanis buatan non-kalori mungkin berbahaya bagi mikrobioma usus. Perubahan usus yang dicatat termasuk tingkat asam lemak sistemik yang lebih tinggi, yang telah dikaitkan dengan obesitas dan glukoneogenesis (sintesis gula tubuh dari sumber non-karbohidrat).

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menyimpulkan bahwa pemanis buatan secara umum tidak dapat ditoleransi oleh tubuh manusia. Mereka ditemukan memiliki efek buruk pada mikrobiota usus, dan dalam beberapa tes menyebabkan intoleransi glukosa.

8. MASALAH PADA HATI

10 Alasan untuk Kamu Tidak Lagi Minum Diet Soda

Foto: Shubhangi Ganeshrao Kene/Getty Images

Ada beberapa bukti diet soda terkait dengan risiko lebih tinggi penyakit hati berlemak non-alkohol, yang dimiliki hampir 100 juta orang Amerika. Satu studi menemukan bahwa orang yang menderita infiltrasi lemak sedang hingga parah kebanyakan minum minuman bersoda merek terkenal secara teratur. Pemanis buatan yang biasa digunakan dalam minuman ringan diet, Aspartam, tampaknya menjadi salah satu penyebab utamanya.

Usus menyerapnya dan kemudian hati memetabolisme, tetapi proses tersebut terbukti menyebabkan disfungsi mitokondria, yang merupakan akar dari banyak penyakit, dan penipisan ATP, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati.

9. OSTEOPOROSIS

10 Alasan untuk Kamu Tidak Lagi Minum Diet Soda

Foto:Peter Dazeley/Getty Images

Minuman ringan biasa dan minuman ringan diet dapat merusak tulang karena mengandung asam fosfat. Yayasan Osteoporosis Nasional telah menyatakan bahwa orang dengan kondisi tersebut sebaiknya tidak minum lebih dari lima minuman ringan seminggu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak fosfor dalam tubuh dapat menurunkan penyerapan kalsium dan melemahkan tulang. Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang minum tiga atau lebih soda berbasis cola sehari memiliki kepadatan mineral tulang hampir 4% lebih rendah di pinggul, bahkan dengan kadar kalsium dan vitamin D yang terkontrol.

Baca Juga: Mengenal Moonwalking, Penyakit Orang yang Senang Bercanda dan Meremehkan

10. KANKER

10 Alasan untuk Kamu Tidak Lagi Minum Diet Soda

Foto: Koto_feja/Getty Images

Pada tahun 2016, Pusat Sains untuk Kepentingan Umum menurunkan kualitas sukralosa (dikenal sebagai Splenda), yang digunakan dalam beberapa soda diet, dari "hati-hati" menjadi "menghindari", karena diketahui menyebabkan leukemia dan kanker darah lainnya pada tikus jantan.

Salsa Khairunnisa
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @tehoca
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Asosiasi Minta Rancangan...
Asosiasi Minta Rancangan Aturan Peringatan Kesehatan Tak Bertentangan dengan UU Hak Kekayaan Intelektual
Rekomendasi
SpaceX Siap Luncurkan...
SpaceX Siap Luncurkan Pusat Data AI di Orbit Paling Cepat Tahun 2027
Kasus Rabies Renggut...
Kasus Rabies Renggut Nyawa Pelajar, DPRD Nagakeo Minta Pemda Perkuat Pengendalian
Kepala BGN Nanik Deyang...
Kepala BGN Nanik Deyang Pastikan Anak Orang Kaya Tak Akan Dapat MBG Lagi
Berita Terkini
Solusi Cerdas Berlibur:...
Solusi Cerdas Berlibur: Perjalanan Nyaman dengan Layanan Paylater
Liburan Sekolah, Hotel...
Liburan Sekolah, Hotel Ini Tawarkan Misi Seru Petualangan Staycation Keluarga
Raffi Ahmad Buka Suara...
Raffi Ahmad Buka Suara soal Kasus Blueray, Tegaskan Tak Pernah Terima Barang Gratis
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Praz Teguh Akui Sudah Kembalikan Uang Saku
Paula Verhoeven Dicecar...
Paula Verhoeven Dicecar 30 Pertanyaan soal Kasus Hanania Group, Ini Pengakuannya!
Jalani Pengajian dan...
Jalani Pengajian dan Siraman, Jennifer Coppen Tampil Anggun dengan Makeup Soft Glam
Infografis
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved