Studi: Terdapat Korelasi Antara Vitamin D dengan Penyakit Autoimun

Sabtu, 22 Mei 2021 - 20:42 WIB
loading...
Studi: Terdapat Korelasi Antara Vitamin D dengan Penyakit Autoimun
Berdasarkan tinjauan Autoimmunity Reviews terdapat korelasi antara vitamin D dengan penyakit autoimun yang terjadi. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kekurangan vitamin D secara luas dianggap sebagai penyebab penyakit autoimun. Namun, berdasarkan tinjauan Autoimmunity Reviews terdapat korelasi antara vitamin D dengan penyakit autoimun yang terjadi.

Baca juga: 5 Tahun Idap Gejala Autoimun, Cita Citata Kini Pilih Makanan Kaya Serat

Penelitian tersebut menyatakan bahwa vitamin D memiliki potensi memperburuk penyakit autoimun . Berdasarkan penelitian yang ditulis tim peneliti di Yayasan Penelitian Autoimunitas yang berbasis di California, ahli biologi molekuler mengetahui satu hal yang menarik.

Mereka mengetahui bahwa bentuk vitamin D berasal dari makanan dan suplemen, 25-hidroksivitamin D (25- D) lebih mirip sekosteroid daripada vitamin. Layaknya obat kortikosteroid, vitamin D dapat memberikan bantuan jangka pendek dengan menurunkan peradangan.

Namun, tetap dapat memperburuk gejala penyakit dalam jangka panjang. Penjelasan itu didasarkan pada penelitian molekuler yang menunjukkan bahwa 25-D lebih menonaktifkan daripada mengaktifkan reseptor vitamin D atau VDR.

Sebagaimana dilansir Eurekalert, Sabtu (22/5), penyakit autoimun dulu dikaitkan dengan metabolisme kalsium, VDR. Sekarang diketahui bahwa vitamin D mentranskripsikan setidaknya 913 gen dan sebagian besar mengontrol respons imun bawaan.

Respons tersebut mengekspresikan sebagian besar peptida antimikroba tubuh. Ini adalah antimikroba alami yang menargetkan bakteri. Profesor Trevor Marshall dari Murdoch University, Australia Barat, berpendapat bahwa tindakan 25-D harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan penelitian terbaru tentang Microbiome Manusia.

Penelitian semacam itu menunjukkan bahwa bakteri jauh lebih menyebar daripada yang diperkirakan sebelumnya. Sebanyak 90% sel dalam tubuh diperkirakan meningkatkan kemungkinan bahwa penyakit autoimun disebabkan oleh patogen persisten.

Marshall dan tim menjelaskan bahwa dengan menonaktifkan VDR, selanjutnya respons imun, 25-D menurunkan peradangan yang disebabkan oleh banyak bakteri ini. Tetapi memungkinkan mereka menyebar lebih mudah dalam jangka panjang.

Mereka menguraikan bagaimana kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh kadar 25-D yang tinggi diakibatkan karena bakteri yang terlibat dalam penyakit autoimun tumbuh sangat lambat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)