Konsumsi Oatmeal Tiap Pagi, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Senin, 24 Mei 2021 - 07:37 WIB
loading...
Konsumsi Oatmeal Tiap Pagi, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan
Oatmeal cocok dijadikan menu sarapan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Oatmeal termasuk salah satu menu sarapan paling ideal dan sehat yang baik dikonsumsi setiap hari. Hal itu dikarenakan oatmeal kaya akan gandum utuh, serat, biji-bijian bebas gluten, vitamin dan mineral, serta antioksidan penting yang dibutuhkan untuk menambah energi.

Mengonsumsi oatmeal juga sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Apa lagi manfaat menyantap oatmeal tiap pagi? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari laman Times of India.



1. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Penting

Oat adalah salah satu makanan yang kaya nutrisi. Dalam satu mangkuk oatmeal terkandung protein yang tinggi, fosfor, magnesium, zat besi, vitamin B1, vitamin B5 dan kalsium, kalium, vitamin B6, dan vitamin B3 dalam jumlah tinggi.

2. Sumber Protein dan Karbohidrat

Semangkuk oatmeal yang siap dikonsumsi mengandung 28 gram karbohidrat. Oatmeal adalah karbohidrat bersih yang sehat serta memberikan Anda energi yang tahan lama serta membantu menurunkan berat badan. Direkomendasikan membuat oatmeal polos tanpa ada tambahan topping. Hal ini karena topping biasanya mengandung banyak gula.

3. Kenyang Lebih Lama

Oat mengandung beta-glucan yang membantu memperlambat pencernaan, sehingga menjadikan Anda kenyang lebih lama. Dengan demikian mengonsumsi oatmeal sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet penurunan berat badan.



4. Kaya Antioksidan dan Serat

Berbagai antioksidan yang dikenal sebagai avenanthramides ditemukan dalam oatmeal. Avenanthramides mewujudkan sifat antiinflamasi dan antigatal serta memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit jantung koroner, kanker usus besar, dan iritasi kulit.

Oatmeal juga membantu mengontrol tekanan darah. Oatmeal memiliki kandungan tinggi serat larut beta-glucan. Selain itu oatmeal membantu mengurangi kolesterol dan kadar gula darah sehingga menyehatkan jantung sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)