Tingkatkan Nasionalisme, Kebaya Foundation Mengajak Generasi Muda Perkuat Budaya

Selasa, 25 Mei 2021 - 18:18 WIB
loading...
Tingkatkan Nasionalisme, Kebaya Foundation Mengajak Generasi Muda Perkuat Budaya
Upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah melestarikan busana Kebaya yang telah diwariskan leluhur. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dalam momen memperingati Hari Kebangkitan Nasional, yang jatuh 20 Mei, Kebaya Foundation mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk lebih meningkatkan rasa nasionalisme . Banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia, anak-anak muda tetap harus mempertahankan rasa nasionalisme.

Baca juga: Disebut Netizen Alami Tekanan Batin, Begini Respons Alyssa Soebandono

Ketua Kebaya Foundation, Tuti N Roosdiono dalam webinar Budaya Nusantara Bangkit, mengungkapkan bahwa budaya mempunyai peran penting sebagai perisai ketahanan bangsa. Webinar Budaya Nusantara Bangkit sendiri digelar Kebaya Foundation dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional 2021, belum lama ini.

Menurut Tuti, tidak begitu sulit untuk mencari sebuah perumpamaan bahwa budaya asingsudah cukup banyak menggerogoti nilai-nilai budaya lokal Indonesia.

"Itu seakan menjadi tren bagi sebagian kalangan tertentu sehingga melahirkan masyarakat baru yang tentunya mengakibatkan terjadinya loss generation," kata Tuti melalui pernyataan tertulisnya, Selasa (25/5).

"Budaya barat dapat mengakibatkan loss generation suatu bangsa yang mana manusia terutama generasi muda tidak memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan terhadap bangsanya sendirikarena hilangnya sendi-sendi dari nilai-nilai mendasar dan universal yang telah diwariskan oleh para leluhur bangsa ini," paparnya.

Lebih jauh, Tuti mengatakan, upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah melestarikan busana Kebaya yang telah diwariskan para leluhur. "Sejak zaman dulu, kebaya telah dipakai oleh banyak daerah di seluruh Indonesia sehingga kebaya dapat menjadi identitas bangsa Indonesia," kata dia.

Baca juga: Siapa Saja Bisa Ikut Show Me Your Voice dan Menangkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Sementara itu, Tuti juga menerangkan bahwa tujuan digelarnya webinar Budaya Nusantara Bangkit, salah satunya adalah membangkitkan busana kebaya sebagai busana identitas bangsa.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)