Tetap Jaga Prokes, 3 Masjid di Jakarta Ini Terbuka untuk Sholat Gerhana

Rabu, 26 Mei 2021 - 14:59 WIB
loading...
Tetap Jaga Prokes, 3 Masjid di Jakarta Ini Terbuka untuk Sholat Gerhana
Apabila Anda ingin melakukan Sholat Gerhana di masjid, tiga masjid ini secara terbuka mempersilakan masyarakat melangsungkan Sholat Gerhana di sana. / Foto: SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) dipastikan akan muncul nanti malam, Rabu (26/5). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), visualnya akan terlihat jelas jika cuaca cerah-berawan. Masyarakat pun boleh langsung melihat fenomena alam tersebut tanpa kacamata gerhana.

Baca juga: Andhika Pratama Pamerkan Foto Seksi sang Istri, Warganet: Aurat Istri Sendiri Diumbar

Selain menyaksikan keindahan Gerhana Bulan Total, khusus umat Muslim, Kementerian Agama (Kemenag) menyarankan agar melakukan Sholat Gerhana. Tuntunan sholat gerhana di tengah pandemi Covid-19 pun sudah dikeluarkan Kemenag.

Dijelaskan di sana bahwa dengan mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Sholat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Sholat Maghrib sampai selesai gerhana yaitu sejak pukul 18.09 WIB hingga 20.51 WIB.

"Karena masih pandemi, Sholat Gerhana agar diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan," ungkap Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, belum lama ini.

Lebih lanjut, jika Anda ingin melakukan Sholat Gerhana di masjid, MNC Portal Indonesia merekomendasikan 3 masjid yang secara terbuka mempersilakan masyarakat melangsungkan Sholat Gerhana di sana.

1. Masjid Istiqlal

Tetap Jaga Prokes, 3 Masjid di Jakarta Ini Terbuka untuk Sholat Gerhana


Salah seorang pengurus Masjid Istiqlal membenarkan bahwa nanti malam Sholat Gerhana akan dibuka untuk umum.

"Iya (di Masjid Istiqlal) ada Sholat Gerhana antara waktu Maghrib dan Isya. Tata cara dan pelaksanaannya sendiri seperti Sholat Gerhana pada umumnya. Ini terbuka untuk umum, namun diharapkan agar masyarakat yang hadir ke masjid mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan di sini," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)