S'il Vous Plaît, Buku Pengantar Bahasa Prancis yang Interaktif

Jum'at, 04 Juni 2021 - 21:31 WIB
loading...
Sil Vous Plaît, Buku Pengantar Bahasa Prancis yang Interaktif
Buku Sil Vous Plaît bisa digunakan bagi pemula yang ingin belajar komunikasi sehari-hari dan komunikasi dasar di dunia kerja. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Guna membantu dan memotivasi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam belajar bahasa Prancis , Penerbit Erlangga meluncurkan Buku Pengantar Bahasa Prancis bagi SMK/MAK "S'il Vous Plaît", beberapa waktu lalu. Buku tersebut ditulis oleh Ria Ismayani, Coline Carretier, dan Ersy Veronita.

Baca juga: Review Film The Conjuring: Devil Made Me Do It

Selain untuk mata pelajaran Muatan Nasional jenjang SMK/MAK, buku ini bisa digunakan bagi pemula yang ingin belajar komunikasi sehari-hari dan komunikasi dasar di dunia kerja.

Manajer Marketing Penerbit Erlangga, Irving William P.W. mengungkapkan, "S'il Vous Plaît" dirancang oleh tiga guru bahasa Prancis berpengalaman, disusun sesuai kurikulum 2013 Revisi 2018 yang memungkinkan pengguna mencapai level A1, juga untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian internasional bahasa Prancis, DELF A1 tingkat sekolah menengah.

"Selain itu, buku ini disusun secara integrasi dan mencakup empat kecakapan berbahasa yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara," lanjut Irving melalui pernyataan tertulisnya, Jumat (4/6).

Disebutkan, muatan "S'il Vous Plaît" lebih interaktif. Di dalamnya terdapat audio yang dapat diakses dengan QR code dan dialog serta unsur-unsur kebahasaan yang diperlukan dalam konteks dunia kerja. Terdapat tiga tema utama dalam buku ini, yaitu wisata, kuliner, dan mode.

Buku ini dibagi menjadi 7 bab, berisi semua kegiatan pembelajaran bahasa: kosakata, konjugasi kata kerja, tata bahasa, pelafalan, dan budaya masyarakat Prancis terkini. Ada juga berbagai latihan di setiap bab yang memungkinkan pengguna untuk berlatih secara mandiri, menghafal, dan mempraktikkannya.

"Buku ini sangat terjamin mutunya karena sudah mendapat rekomendasi penggunaannya bagi guru dan siswa-siswi SMK/MAK dari Institut Prancis Indonesia. Tentu saja, harapan kami dengan adanya 'S'il Vous Plaît', kualitas bahasa Prancis guru dan peserta didik SMK/MAK semakin bagus," ungkapnya.

Sementara itu, Ria Ismayani mengungkapkan, ketertarikannya menyusun "S'il Vous Plaît" karena melihat belum tersedianya buku ajar bahasa Prancis untuk tingkat SMK/MAK.

"Ketika saya mengikuti beberapa seminar nasional, saya melihat guru-guru juga kesulitan menemukan bahan ajar yang sesuai dengan level SMA/SMK. Saya sendiri pun mengalami kesulitan itu, ketika saya sempat mengajar di salah satu SMK negeri di Jakarta, akhirnya saya coba susun," paparnya.

Ria berharap buku ini dapat membantu para guru untuk mengajar bahasa Prancis di tingkat sekolah menengah dan dapat memotivasi siswanya agar bisa melihat dunia lebih luas, dengan mempelajari bahasa asing.

Baca juga: 6 Tips Aman Naik Pesawat Ala Mister Aladin

"Bisa jadi ini adalah jalan mimpi anak-anak kita. Seperti saya, saya menemukan mimpi saya ketika saya mempelajari bahasa Prancis pertama kali di SMA, dan itu membawa saya sampai di posisi saat ini," tuntasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)