Wisata Religi : Mengenal Masjid Tertua di Indonesia

Jum'at, 24 April 2020 - 13:01 WIB
loading...
Wisata Religi : Mengenal Masjid Tertua di Indonesia
Menara Kudus, menjadi salah satu bangunan masjid tertua di Indonesia. Foto Dok Kemendikbud.go.id
A A A
JAKARTA - Mengisi bulan suci Ramadan dengan wisata religi, lumrah dilakukan. Namun karena suasana bulan puasa saat ini masih dirundung pandemi Covid-19, tak ada salahnya dilakukan dengan dengan media virtual atau online saja.

Salah satunya mengenal masjid-masjid tertua tertua yang ada di Indonesia, sekaligus belajar tentang sejarahnya. Berikut masjid-masjid kuno yang masih kokoh berdiri hingga sekarang. Berikut informasi masjid tertua di Indonesia sesuai urutan waktu berdirinya.

1. Masjid Saka Tunggal

Wisata Religi : Mengenal Masjid Tertua di Indonesia

Masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia. Keterangan pembangunan masjid jelas tertera di tiang utama masjid yakni tahun 1288. Menurut literatur masjid ini dibangun oleh Kyai Mustolih dan berlokasi di Desa Cikakak, Wangon Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Masjid Saka Tunggal hanya memiliki satu tiang di tengah masjid yang menggambarkan bahwa Allah SWT itu adalah satu atau esa.

2. Masjid Wapauwe

Wisata Religi : Mengenal Masjid Tertua di Indonesia


Masjid tertua kedua di Indonesia adalah Masjid Wapauwe di Kaitetu, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Berdiri sejak 1414, masjid ini dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau.

Masjid Wapauwe dibuat dari gaba-gaba (pelepah sagu yang dikeringkan) dan beratapkan daun rumbia. Bentuk bangunannya bujur sangkar. Dengan konstruksi bangunan induknya dirancang tanpa memakai paku atau pasak pada setiap sambungan kayu.

3. Masjid Sunan Ampel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0901 seconds (0.1#10.140)