Cicip Makanan Khas di 7 Tempat Makan Legendaris di Jogja

Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:51 WIB
loading...
Cicip Makanan Khas di 7 Tempat Makan Legendaris di Jogja
Gudeg Pawon Jogja/Foto Okezone
A A A
YOGYAKARTA - Kota Jogjakarta memang salah satu kota yang memiliki banyak sekali destinasi wisata kuliner yang selalu diburu para pencari jajanan di Nusantara. Tentu saja ada beberapa tempat makan di Jogja yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota istimewa ini, terutama tempat makan legendaris yang usianya sudah puluhan tahun tapi masih tetap eksis hingga kini.

Bagi Anda yang berencana liburan ke Jogja, tak ada salahnya nanti mampir makan di tempat makan legendaris di Jogja, berikut ini ya!

1. Gudeg Pawon Jogja
Jogja memang sangat identik dengan gudeg. Anda mungkin pernah mencicipi gudeg di kota asal, namun rasanya pasti berbeda jika makan langsung di tempat asalnya, bukan?

Nah, berkunjung ke Jogja jangan lupa icip-icip gudeg asli daerah ini ya. Anda bisa mampir ke Gudeg Pawon Jogja yang populer dan juga legendaris di Jogjakarta. Gudeg Pawon telah memanjakan lidah pecinta kuliner Nusantara sejak 1958 sampai dengan sekarang. Soal rasa, Gudeg Pawon sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati pecinta kuliner Nusantara.

Gudeg Pawon bisa dibilang tempat makan yang sederhana. Namu, cita rasa yang dimiliki sangat juara pokoknya. Sehingga Anda jika berkunjung ke Jogjakarta, wajib untuk berkunjung ke kedai Gudeg Pawon ini.

2. Sop Kaki Kambing Pak Udin
Ini adalah sop kaki kambing yang berlokasi di kawasan SMPN 1 Yogyakarta, lebih tepatnya di sekitaran Jalan Cik Ditiro. Kedai sop kaki kambing ini sudah sangat terkenal dan hampir semua warga Jogja sekitar tahu kedai ini.

Selain lokasi kedainya yang mudah dijangkau, cita rasa yang enak dan juga harga yang sesuai dengan kantong menjadikan kedai ini selalu dicari. Untuk menikmati sop kaki kambing ini, Anda bisa lesehan maupun duduk di kursi yang sudah disediakan.
Cicip Makanan Khas di 7 Tempat Makan Legendaris di Jogja

3. Sate Klathak Pak Bari
Sate klathak ini mulai ramai dan hits di media sosial dan juga media online lainnya berawal dari film AADC 2. Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar diatas bara api seperti biasa. Namun ada yang membedakan sate ini dengan sate biasa, yaitu jika sate biasa menggunakan tusuk bambu, sate klathak ditusuk menggunakan tusuk besi sehingga daging yang dihasilkan lebih matang di luar maupun di dalam.

Sate Klathak Pak Bari adalah salah satu kedai sate yang terkenal di Jogjakarta. Jika tidak ingin mengantri lama, Anda bisa datang ke kedai Sate Klathak Pak Bari ini lebih awal agar bisa mencicipi sate unik ini tanpa harus mengantri lama karena populernya sate ini.

4. Oseng Mercon Bu Narti
Tempat makan legendaris di Jogja berikutnya adalah oseng mercon Bu Narti yang bisa Anda temukan di Jalan KH Ahmad Dahlan, tepatnya di Gang Purwodiningratan. Tentu saja tempat ini sudah populer sejak lama di kalangan pemburu kuliner khas Jogja.

Kenapa makanan ini disebut dengan oseng mercon? Karena penggunaan cabe rawit yang melimpah dalam penyajiannya. Seporsi oseng mercon ini terdiri dari gajih, tulang muda, kikil dan kulit yang dicampur dengan sambal cabe rawit. Di tempat makan ini juga tersedia menu lainnya, di antaranya ada rempelo, bebek, babat, burung dara, dan lele. Kuliner yang satu ini cocok nih untuk Anda yang doyan makanan pedas.

5. Bakmi Jawa Pak Pele
Tempat makan bakmi jawa yang satu ini juga tak kalah populernya lho! Anda bisa menemukan bakmi ini di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, atau tepatnya berada di depan SD Keputran.

Seperti bakmi jawa pada umumnya, di sini menggunakan bakmi kuning dan bihun sebagai bahan dasarnya. Anda bisa pesan bakmi goreng, bakmi godog atau rebus, bakmi nyemek bahkan ada juga menu nasi goreng dan magelangan yang merupakan menu nasi goreng campur bakmi.

Yang membuat bakmi ini spesial adalah rasa gurih yang berasal dari potongan daging ayam kampung, telur dan juga irisan kol yang dimasak dengan mie. Awas bisa buat ketagihan lho!

6. Angkringan Lik Man
Selanjutnya ada tempat makan yang ‘Jogja’ banget, yaitu Angkringan Lik Man yang ada di sebelah utara Stasiun Tugu. Angkringan ini sangat legendaris karena sudah buka sejak 1950-an dan masih tetap ramai hingga kini.

Menu yang ditawarkan di sini pun tergolong murah meriah dan merakyat, seperti kopi joss, wedang jahe, nasi kucing dan lainnya. Tempat makan yang baru buka pukul 6 sore ini selalu ramai pengunjung, jadi jangan sampai kelewatan sekadar menyeruput kopi joss di sini ya.

7. Warung Kopi Klotok
Tempat kuliner legendaris berikutnya adalah Warung Kopi Klotok. Tempat makan ini adalah salah satu rekomendasi untuk siapa saja yang ingin bersantai bersama dengan keluarga maupun teman.

Suasananya sangat nyaman dan asri lengkap dengan pemandangan asri khas pedesaan. Warung kopi yang berada di Jalan Kaliurang ini punya menu makanan prasmanan yang bebas dipilih oleh pengunjung, dan yang paling popular tentu saja kopi klotoknya yang terasa pahit tapi tetap dicari-cari.

Di tempat ini Anda bisa dengan bebas memilih makanan secara langsung dari dapur. Tempat wisata kuliner ini memang didesain agar pengunjung merasa seperti di rumah sendiri.

Nah, tempat makan mana nih yang akan Anda kunjungi pertama kali jika ke Jogja? Segera rencanakan liburan Anda ke Jogja dan pesan tiket pesawatnya secara online saja di Traveloka. Prosesnya mudah, cepat dan juga praktis. Pilihan maskapai yang tersedia pun sangat lengkap, seperti Lion Air yang banyak melayani rute ke Jogja. Sampai di Jogja jangan lupa mampir ke tempat kuliner di atas ya. Selamat berlibur!. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6072 seconds (0.1#10.140)