Komorbid Asma dan Pernah Divaksin, Apakah Perburuk Covid-19 yang Diidap Haykal Kamil?

Rabu, 16 Juni 2021 - 12:18 WIB
loading...
Komorbid Asma dan Pernah Divaksin, Apakah Perburuk Covid-19 yang Diidap Haykal Kamil?
Haykal Kamil menjelaskan kalau dirinya memiliki komorbid asma dan itu yang membuatnya mengalami sesak napas. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Haykal Kamil menginformasikan kalau dirinya positif Covid-19 melalui unggahan Instagram terbarunya. Di keterangan foto, dia menjelaskan kondisi terkini dan gejala yang dialami.

Baca juga: Punya Riwayat Asma, Adik Zaskia Adya Mecca Positif Covid-19

"It's been a while, mau menginformasikan bahwa gw positif Covid-19 . Kondisi saat ini Alhamdulillah stabil, jadi bisa isolasi mandiri. Sudah bergejala dari sebelas hari lalu, tapi baru dapat kepastian senin minggu lalu," ungkap adik dari Zaskia Adya Mecca tersebut.

Haykal Kamil pun menjelaskan kalau dirinya memiliki komorbid asma dan itu yang membuatnya mengalami sesak napas. "Dengan punya riwayat asma, awalnya sesak napas cukup parah namun sembuh seiring berjalan waktu," lanjutnya.

Kondisi terkini dijelaskan kalau dirinya masih mengalami anosmia atau kehilangan kemampuan indera penciuman dan perasa. Itu kenapa, menurut Haykal, dirinya saat makan, tidak bisa merasa apapun alias semua makanan rasanya hambar.

Karena kondisi tersebut, dia pun introspeksi diri. Ya, saat nikmat bisa merasa itu dicabut, ternyata rasanya tidak enak sama sekali dan dia merasa kurang bersyukur saat nikmat itu masih ada di tubuhnya.

"Jadi inget selama ini kurang bersyukur, ketika nikmat-Nya dicabut sedikit saja langsung baru sadar. Ya, Tuhan ampuni kami yang banyak khilaf ini. Jaga kesehatan, ya, semua," papar Haykal Kamil.

Di unggahan lain, Haykal Kamil membagikan potret vaksinasi kedua yang dia dapatkan dari program pemerintah untuk pekerja ekonomi kreatif. Haykal Kamil pun menjelaskan kalau dirinya sudah mendapat dua dosis vaksin Sinovac.

Ini menjelaskan sekali lagi bahwa mereka yang sudah divaksin, tetap bisa terinfeksi Covid-19. Maka dari itu, penting bagi masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan terus menjaga pikiran tetap positif dan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi dan seimbang. Istirahat yang cukup juga penting, ya.

Terkait dengan komorbid asma yang dialami Haykal Kamil, apakah itu memperburuk penyakit Covid-19-nya?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)