Selain Menyenangkan, Ternyata Hula Hoop Juga Bermanfaat buat Kesehatan

Minggu, 20 Juni 2021 - 04:36 WIB
loading...
Selain Menyenangkan, Ternyata Hula Hoop Juga Bermanfaat buat Kesehatan
Menariknya, hula hoop bukan sekadar menjadi permainan anak-anak, tapi ternyata juga menyimpan manfaat untuk menurunkan berat badan. / Foto: ilustrasi/mirafit
A A A
JAKARTA - Hula hoop, mungkin Anda sudah sering mendengarnya, atau bahkan sudah tidak asing lagi. Alat ini biasa digunakan anak-anak untuk bermain di halaman depan rumah.

Baca juga: Kolesterol Tinggi, 3 Gejala Ini Ditemukan pada Mata

Menariknya, hula hoop bukan sekadar permainan anak-anak, tapi ternyata juga menyimpan manfaat untuk menurunkan berat badan . Ini bisa menjadi latihan untuk mengecilkan pinggul Anda, membakar kalori dan juga memperkuat otot inti Anda.

Apabila Anda bosan dengan rutinitas olahraga harian, menggunakan hula hoop sebagai sarana olaraga merupakan ide yang bagus. Ada berbagai ukuran dan berat dari hula hoop ini. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal maka sesuaikan dengan ukuran dan bobot dari alat tersebut.

Lantas apa saja manfaat dari hola hoop? Sebagaimana dilansir Times of India, berikut sejumlah manfaat hula hoop untuk kesehatan.

1. Membantu membakar lemak dan mengencangkan tubuh

Sesuai penelitian yang dilakukan American Council tentang olahraga. Melakukan aktivitas hula hoop dengan intens rata-rata dapat membantu Anda membakar 400 kalori per jam. Selain membakar lemak, latihan ini dapat membantu Anda mengencangkan otot-otot di bagian tengah tubuh. Untuk melihat hasilnya, Anda perlu melakukan aktivitas setidaknya 10 menit setiap hari.

2. Menenangkan pikiran

Memutar hula hoop adalah aktivitas yang menyenangkan dan memicu respons rileks yang dapat menenangkan pikiran Anda. Secara alami fokus Anda akan tertuju pada aktivitas tersebut untuk menjaga hula hoop tidak jatuh ke dasar tanah. Lakukan itu dengan ritme yang cepat memberikan rasa ketenangan dan akan membuat pikiran Anda rileks.

3. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Seperti olahraga lainnya, hula hoop membutuhkan koordinasi tangan dan mata. Ini tidak hanya menantang otot Anda tetapi juga otak Anda. Memutar lingkaran ke berbagai arah akan meningkatkan koordinasi tangan-mata Anda.

4. Perkuat punggung Anda

Memutar hula hoop bermanfaat untuk memperkuat punggung Anda dan dapat meningkatkan aliran darah ke tulang belakang. Tidak hanya itu saja melakukan aktivitas hula hoop juga meningkatkan kelenturan tulang belakang.

Baca juga: Angka Kematian Anak Indonesia Akibat Covid-19 Tertinggi di Dunia, Capai 5%

5. Baik untuk hati Anda

Hula hopp ternyata sangat bermanfaat untuk jantung juga. Melakukan aktivitas ini selama 15 menit setiap hari bisa memperkuat otot jantung Anda. Aktivitas ini juga akan memungkinkan jantung Anda memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh secara lancar. Ini yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan baik juga untuk menurunkan tekanan darah Anda.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)