Ingin Merencanakan Liburan? Yuk Simak Tipsnya Agar Aman Naik Pesawat

loading...
Ingin Merencanakan Liburan? Yuk Simak Tipsnya Agar Aman Naik Pesawat
Saat pandemi, naik pesawat harus ekstra hati-hati. Foto/MNC Media
JAKARTA - Penumpang domestik di Indonesia turun drastis semenjak Pandemi Covid-19 . Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah penumpang domestik pada Maret 2021 hanya 2,6 juta orang, atau turun 42,3 persen dibandingkan Maret tahun lalu.

Rendahnya jumlah penumpang pesawat ini memang tak bisa dihindarkan. Selain karena sebagian besar warga masih khawatir melakukan perjalanan jauh, juga masih diberlakukannya pembatasan mobilitas warga untuk mencegah penularan Covid-19.

Meski begitu, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, Anda harus bisa mencari cara yang aman untuk perjalanan Anda. Salah satunya adalah mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak), baik dalam perjalanan atau pun tidak.

Jerry Andrean, Juara MasterChef Indonesia Season 7 menceritakan pengalaman bepergian dengan pesawat udara di masa pandemi. Selain sering reschedule sehingga harus mengantisipasi dan mengatur ulang jadwal kegiatan, dia juga harus merencanakan dengan baik dan detail waktu keberangkatan, serta menyiapkan diri untuk sejumlah prosedur yang harus menjadi kebiasaan baru.



"Waktu itu aku harus ke klinik dulu buat tes rapid H-1 sebelum keberangkatan. Saat ke bandara memang lebih ketat penjaganya dalam menerapkan protokol kesehatan. Kita harus memakai masker dan atur jarak. Agak ribet si memang, tapi karena lagi seperti ini, jadi kita takut ya kenapa-kenapa. Jadi kita ikuti aja peraturannya gitu," tutur Jerry kepada celebrities.id, Selasa (15/6/2021).

Dihubungi terpisah, presenter Augie Fantinus mengaku kangen naik pesawat. “Jujur sih, terakhir itu enam bulan lalu ke Surabaya. Saya kangen naik pesawat,” katanya.

Pemain sinetron ini mengatakan, protokol kesehatan harus diterapkan selama pandemi.“Saya harus menjalani tes PCR terlebih dahulu sesuai prosedur program kesehatan. Saya pilih pesawat yang ada sosial distancing-nya 50 persen, bawa disinfektan sendiri, dan hand sanitizer. Saya tidak lepas masker selama penerbangan, kecuali makan,” ucapnya.

Baca Juga : Aktivitas Wisata Paling Digemari selama Pandemi menurut Aplikasi Travel

Dalam waktu dua pekan lagi, Augie berencana ke Bali untuk liburan.“Saya mau liburan bersama anak dan istri. Kalau rasa khawatir bawa anak, paling tetap harus jaga protokol, ikuti program kesehatan yang ada, sama-sama saling jaga jarak, pakai masker, tetap minum vitamin biar imun tubuh kuat. Jangan lupa olahraga yang cukup dan sebisa mungkin cari tempat yang jauh dari keramaian, tapi tetap bisa rileks,” tuturnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top