Studi: Virus Corona Baru Bisa Infeksi Testis Pria, Waspada!

Rabu, 23 Juni 2021 - 18:12 WIB
loading...
Studi: Virus Corona Baru Bisa Infeksi Testis Pria, Waspada!
Studi: Virus Corona Baru Bisa Infeksi Testis Pria, Waspada! Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Microorganisms telah menemukan virus corona baru yang menyebabkan Covid-19 dapat menginfeksi testis pria yang terinfeksi. Temuan ini instruktif karena dapat membantu menjelaskan gejala yang dilaporkan khas pria.

Beberapa pasien melaporkan nyeri testis dan beberapa laporan menunjukkan penurunan testosteron, hormon kunci yang diproduksi di testis. Otopsi juga menunjukkan gangguan signifikan pada testis pada tingkat sel, termasuk adanya sel kekebalan.

“Mengingat besarnya pandemi Covid-19 , sangat penting untuk menyelidiki bagaimana penyakit ini dapat berdampak pada testis, dan konsekuensi potensial untuk tingkat keparahan penyakit, kesehatan reproduksi, dan penularan seksual,” kata Dr. Rafael Kroon Campos, pemimpin studi, penulis dan rekan postdoctoral di laboratorium Dr. Shannan Rossi di UTMB.


Laboratorium Rossi telah mempelajari infeksi virus zika di testis selama bertahun-tahun dan bertanya-tanya apakah virus corona baru dapat menyebabkan penyakit serupa. Hamster biasanya digunakan untuk memodelkan Covid-19 pada manusia karena penyakit virus mengambil jalur serupa pada hewan pengerat.

Virus terdeteksi di testis semua hamster yang terinfeksi selama minggu pertama tetapi berkurang. Para penulis berpikir perkembangan gejala yang sama ini dapat terjadi pada pria dengan penyakit Covid-19 ringan hingga sedang.

"Temuan ini adalah langkah pertama dalam memahami bagaimana Covid-19 berdampak pada saluran genital pria dan kesehatan reproduksi pria,” ujar Rossi, seorang profesor di Departemen Patologi dan Mikrobiologi & Imunologi dilansir dari Express, Rabu (23/6)

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)