Viral Wajah Pria Bengkak Setelah Divaksin CoronaVac, Ini Penjelasan Kemenkes

Rabu, 23 Juni 2021 - 19:48 WIB
loading...
Viral Wajah Pria Bengkak Setelah Divaksin CoronaVac, Ini Penjelasan Kemenkes
Viral Wajah Pria Bengkak Setelah Divaksin CoronaVac, Ini Penjelasan Kemenkes. Foto/Hasan Kurniawan.
A A A
JAKARTA - Pria bernama Agus Purjantoro mengalami bengkak pada wajahnya setelah vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Warga jalan Masjid Nurul Fajri, No29 A RT01/02, Pondok Aren ini mengalami efek samping dari vaksin CoronaVac .

Sebagaimana diketahui Agus pertama kali disuntik vaksin CoronaVac pada 6 Juni 2021 di Puskemas Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Usai disuntik, ia mengaku tidak mengalami keluhan apapun dan baru merasakan gejala pada keesokan harinya.

“Tanggal 7 Juni itu baru mulai bereaksi, pipi saya kayak ada biang keringat dan mulai membengkak. Kemarin sih, waktu saya ke dokter ada kemungkinan dari vaksin itu. Tapi dokter bilang juga ada faktor lain, tapi enggak dijelasin," kata Agus kepada MNC Portal, Rabu (23/6).

Penasaran dengan hal aneh yang menimpanya, Agus pun menghubungi nomor petugas puskesmas yang ada disertifikat vaksinnya itu. Ia lalu disarankan ke UGD Puskesmas Pondok Aren dan dokter yang bertugas di tempat tersebut tidak berkata apapun serta memberikannya obat.


"Selama 3 hari kok nggak ada reaksi, malah tambah bengkak," ujar Agus.

Ketika diwawancarai terkait hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa kejadian ini merupakan ranah dari Komite Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komda KIPI).

“Ya, karena harus ditelusuri bisa saja bukan karena vaksin,” jelas Siti Nadia, saat dihubungi MNC Portal melalui pesan singkat.

Lebih lanjut Siti Nadia menambahkan bahwa tidak ada reaksi atau efek samping yang menyebabkan bengkak pada wajah akibat vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin CoronaVac. Gejala yang paling sering muncul biasanya gejala ringan seperti nyeri kemerahan atau bengkak pada tempat bekas suntikan, demam, lelah, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)