Pelembab Wajah untuk Kulit Berminyak, Aplikasikan dengan Memperhatikan 2 Hal

Kamis, 24 Juni 2021 - 13:31 WIB
loading...
Pelembab Wajah untuk Kulit Berminyak, Aplikasikan dengan Memperhatikan 2 Hal
Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pelembab wajah untuk kulit berminyak bisa menjadi pilihan untuk mengurangi kadar minyak di wajah. Pasalnya, memiliki kulit wajah berminyak terkadang membuat dilema. Pemilihan pelembab wajah harus dilakukan secara cermat agar wajah tidak semakin berminyak.

Menurut Shereene Idriss, Dokter Kulit Bersertifikat di Union Square Laser Dermatology, Amerika Serikat, terkadang orang yang memiliki kulit berminyak bingung harus menggunakan pelembab atau tidak. Menurutnya, pelembab wajah justru harus dipakai agar kadar kelembaban kulit wajah terjaga.



“Jika pelembab tidak dipakai, maka secara alami kulit wajah akan memproduksi minyak terus-menerus yang pada akhirnya membuat minyak berlebih pada wajah,” ujar Idriss, seperti yang dilansir dari Allure.com, Kamis (24/6).

Idriss menambahkan, pemilik kulit wajah berminyak sangat rentan terhadap masalah seperti jerawat.

"Ini terjadi karena sel keringat dan minyak di wajah lebih banyak. Itu yang membuat pori-pori terbuka lebar dan kotoran mudah menumpuk," papar Idriss.

Idriss mengatakan, penggunaan pelembab pada wajah berminyak harus dilihat situasinya. Jika memang kulit sangat berminyak, ada baiknya penggunaan pelembab dihindari.

“Anda harus fokus ke penanganan minyak berlebih dulu, setelah semuanya terkenali, maka pakaian pelembab wajah diperbolehkan,” ujar Idriss.

Ada hal yang harus diperhatikan oleh pemilik wajah berminyak yang tetap ingin menggunakan pelembab. Hal utama, menurut Idriss, adalah memastikan pelembab yang akan dipakai itu water base, bukan oil base.

“Jika oil base, dipastikan wajah Anda sangat berminyak," imbuh Idriss.



Kemudian, usahakan untuk terus memastikan wajah bersih dari kotoran. Rutin menyuci muka, menurut Idriss, adalah kunci menjaga kebersihan wajah berminyak.

"Pemilihan sabun cuci muka penting karena kelembaban yang sudah dimiliki kulit berminyak jangan sampai rusak dan malah membuat kulit terlalu kering. Ini juga bisa jadi masalah baru untuk kulit," tandas Idriss.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)