Ketahui Gejala Gangguan Mental Skizofrenia

Kamis, 24 Juni 2021 - 15:15 WIB
loading...
Ketahui Gejala Gangguan Mental Skizofrenia
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kembali lagi di Podcast Kata Dokter yang selalu punya informasi seputar kesehatan yang dikemas menarik dan pasti sangat bermanfaat! Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus akan membagikan informasi lengkap seputar kesehatan. Kali ini membahas salah satu penyakit yang cukup terkenal di masyarakat. Penasaran? Langsung aja deh dengerin Podcast Kata Dokter di RCTI+.



Sebagai pembuka, dr. Nadia menjelaskan apa itu gangguan mental. Jadi gangguan mental ada beberapa jenis dari sebuah rangkaian gangguan jiwa. Biasanya penderita gangguan mental akan mengalami gangguan mulai emosi, pola pikir, dan perilaku.

Nah, di episode kali ini dr. Nadia membahas lebih detail mengenai skizofrenia . Skizofrenia adalah salah satu jenis gangguan mental. Penderita gangguan ini biasanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, keacuhan berpikir, dan perubahan perilaku. Gejalanya mirip psikosis, jadi penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dan pikiran sendiri.

Gejala penderita skizofrenia biasanya cenderung mengasingkan diri dari orang-orang, kemudian mudah marah ataupun mudah depresi, perubahan pola tidur, kurang konsentrasi dan motivasi, hingga kesulitan dalam beraktivitas. Gejala lain biasanya halusinasi, kemudian delusi atau waham. Delusi merupakan kondisi di mana penderita tidak dapat membedakan hal yang nyata dan tidak.



Mau tahu pembahasan lebih lanjut mengenai gangguan mental skizofrenia? Langsung aja dengerin Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+.

#rctiplus #radioplus #podcast #katadokter #nadiaalaydrus
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)