Ini Tiga Rumah Sakit yang Ditunjuk sebagai RS Khusus Covid-19

Jum'at, 25 Juni 2021 - 03:23 WIB
loading...
Ini Tiga Rumah Sakit yang Ditunjuk sebagai RS Khusus Covid-19
Peningkatan kasus Covid-19 yang tidak terkendali sejak sebulan terakhir membuat Kemenkes menunjuk 3 RS di DKI Jakarta sebagai rumah sakit khusus Covid-19. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Peningkatan kasus Covid-19 yang tidak terkendali sejak sebulan terakhir membuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk tiga rumah sakit di DKI Jakarta sebagai rumah sakit yang khusus untuk menangani pasien Covid-19. Adapun ketiga rumah sakit yang ditunjuk antara lain Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, dan RSUP Fatmawati.

Baca juga: Kondisi Mental Terganggu, Gofar Hilman Sempat Berpikir Berhenti Bikin Konten YouTube

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril menjelaskan bahwa RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan saat ini telah menutup layanan bagi para pasien non-Covid-19. Tujuannya agar ketersediaan kamar rumah sakit baik IGD maupun ruang perawatan dapat fokus untuk merawat pasien Covid-19 sesuai dengan arahan yang diberikan pemerintah.

"RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan sudah kita tutup untuk layanan non Covid-19, dan hanya melayani rawat jalan untuk pasien dengan penyakit kronis yang membutuhkan perawatan medis saja," terang dr. Syahril dalam virtual Pers Conference, Kamis (24/6).

Lebih lanjut dr. Syahril juga menjelaskan secara singkat skema yang akan dilakukan RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan dalam menyediakan berbagai macam fasilitas, serta perlengkapan penunjang untuk mengatasi lonjakan kasus pasien Covid-19 di Jakarta.

"Kami akan menambah kamar tidur sehingga menjadi 145 tempat tidur untuk menampung pasien yang dirawat di ICU dan non-ICU. Tapi perlu diimbangi dengan penambahan SDM dan sarana prasarana tambahan. Kami butuh 80 perawat dan dokter spesialis. Bila terjadi tumpukan di IGD kami menyediakan tenda dari BNPB untuk mengurai tumpukan pasien di IGD," terangnya.

Dari sisi obat-obatan dan alat pelindung diri (APD), Syahril memastikan bahwa ketersediannya di RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan sudah aman untuk beberapa bulan ke depan. Pihak rumah sakit juga telah bekerjasama dengan Samator, sebagai pemasok oksigen untuk alat bantu pernapasan sampai ledakan kasus Covid-19 di Tanah Air berakhir.

Baca juga: Masyarakat Diajak Bekerjasama Atasi Ledakan Covid-19 dengan Melakukan Ini

"Oleh sebab itu kami imbau masyarakat yang non Covid-19 untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat sebab RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan hanya difokuskan untuk Covid-19. Tapi perlu diketahui pula orang tanpa gejala, atau bergejala ringan disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Kami harapkan yang ke rumah sakit rujukan Covid-19 pasiennya dalam kondisi berat maupun kritis saja," tuntasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5096 seconds (0.1#10.140)