Bersin Jadi Salah Satu Gejala Umum Covid-19, Waspada!

Selasa, 29 Juni 2021 - 12:09 WIB
loading...
Bersin Jadi Salah Satu Gejala Umum Covid-19, Waspada!
Bersin Jadi Salah Satu Gejala Covid-19 Umum, Waspada! Foto/Sky News.
A A A
JAKARTA - Seorang peneliti gejala Covid-19 terkemuka telah meminta pemerintah untuk memperbarui daftar gejala klasik dari virus tersebut, dengan mengatakan bersin sekarang adalah salah satu tanda yang paling umum.

Profesor Tim Spector, salah satu pendiri studi gejala COVID ZOE, mengatakan data terbaru menunjukkan tanda-tanda lain adalah sakit kepala , pilek , dan sakit tenggorokan .

Dilansir dari Sky News, Selasa (29/6) studi ini mencatat gejala orang yang telah menerima tes PCR positif.

Ini adalah studi berkelanjutan terbesar di dunia tentang virus corona dengan lebih dari 4 juta orang secara global mencatat informasi tentang gejala, pengujian, dan vaksin.


Prof Spector mengatakan sakit kepala menduduki puncak daftar gejala paling umum, dengan 60% orang yang dites positif mengalaminya.

Selain itu, pilek dan sakit tenggorokan juga termasuk dalam daftar gejala. Sementara bersin sekarang berada di nomor empat, meskipun sering disalahartikan dengan demam.

Batuk terus-menerus adalah satu-satunya gejala klasik asli yang masuk lima besar. Di mana dua gejala lainnya adalah demam dan kehilangan indra penciuman dan perasa, masing-masing berada di urutan tujuh dan sembilan.

"Sudah saatnya pemerintah, setelah satu setengah tahun, mengubah daftar gejala klasik. Kami memang membutuhkan pendekatan fleksibel yang jauh lebih luas untuk ini karena virus berubah dan populasi berubah," kata Profesor Tim Spector.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)